Kabar Baik, Satu Lagi Pasien Asal Lima Puluh Kota Sembuh COVID-19

Fery Chofa, Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Lima Puluh Kota
Fery Chofa, Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Tim Gugus Tugas Penangan COVID-19 di Lima Puluh Kota kembali umumkan penambahan satu orang pasien sembuh, Selasa 2 Juni 2020. Bertambahnya satu pasien sembuh ini dikatakan Juru Bicara Fery Chofa maka total sembuh di Kabupaten Lima Puluh Kota berjumlah 8 orang.

Fery Chofa mengatakan pasien sembuh tersebut adalah Kalaksa BPBD Payakumbuh yang berinisial YA (58 tahun) dan beralamat di Pulutan, Tanjungpati. Kemudian dalam kesempatan tersebut juga telah dilakukan pengambilan sampel SWAB sebanyak 50 Orang Tanpa Gejala (OTG).

baca juga: Rawat Onthel Warisan Keluarga, PNS di Pessel Ini Tidak Jarang Pinjamkan Sepedanya Untuk Dekorasi Pemotretan

"Puluhan sampel OTG ini merupakan hasil pelacakan pasien positif yang merupakan kontak erat dan dekat dengan RA, ABK Kapal yang sempat pulang kampung ke Guguak VIII Koto. Ia merupakan kasus terkonfirmasi positif ke-11 di Lima Puluh Kota beberapa waktu lalu," katanya.

Fery Chofa yang juga merupakan Kadis Kominfo Lima Puluh menjelaskan pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan rencana strategi pelaksanaan tatanan New Normal. Dimana dikatakannya sebagai bentuk pelonggaran aktifitas masyarakat di berbagai sektor.

baca juga: Deteksi COVID-19, Pemkab Solok Lakukan Pool Test pada 30 Kluster

"Namun tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak, hidup sehat dan sering cuci tangan, serta pakai masker. Insya Allah, berpedoman kepada Fatwa MUI terkait dengan pelaksanaan ibadah shalat berjamaah di masjid atau musala," katanya.

Sementara itu, berdasarkan arahan Bupati Irfendi Arbi maka salah satu Nagari di Lima Puluh Kota yaitu Situjuah Batua akan dijadikan role model bagi nagari lain yang ada. Role Mode yang dimaksud dijelaskannya yaitu terkait penanganan COVID-19 di tingkat desa atau nagari. Kemudian, Situjuah Batua juga akan diusulkan untuk ikut lomba inovasi daerah dalam masa COVID-19 yang diadakan oleh Kemendagri.

baca juga: Usut Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejagung Periksa 16 Saksi

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri