Kluster Pasar Raya Padang Telah Lakukan Tes Swab kepada 1772 Orang

Pasar Raya Padang
Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Muhammad Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Andree Algamar mengatakan, untuk swab masal di Pasar Raya Padang telah dilakukan kepada sebanyak 1772 orang. Jumlah itu merupakan dari awal dilakukan tes swab hingga 30 Mei 2020.

"Tes swab dari tanggal 22 s/d 30 Mei 2020 yang dilakukan tes masal sebanyak 1156 orang. Kemudian tes lainnya dilakukan secara mandiri yang dilaksanakan di puskesmas, rumah sakit, dan mall pelayanan publik sehingga totalnya sampai hari ini 1772 orang. Tes ini dilakukan oleh pedagang, petugas, petugas kebersihan dan semua stakeholder pasar," katanya saat dialog interaktif dengan Radio Classy FM Padang, Selasa sore, 2 Juni 2020.

baca juga: Sekolah Mulai 13 Juli 2020, Pemkab Solok Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

Ia mengatakan hingga saat ini pihaknya juga masih melaksanakan tes swab bagi pedagang yang belum. Ada yang dilakukan di puskesmas atau rumah sakit tempat mereka tinggal dan juga masih ada yang menunggu untuk swab selanjutnya.

"Kita masih teruskan pelaksanaannya di puskesmas tempat tinggal masing-masing. Kita sarankan kepada pedagang untuk melakukannya di pusksmas terdekat termpat mereka tinggal," jelasnya.

baca juga: Angka Positif COVID-19 Sumbar Capai 791, Jubir: 661 Diantaranya Dinyatakan Sembuh

Andre menuturkan, dari semua angka (1772), hampir 1200 an pedagang dan pihak pasar raya yang melakukan tes hasilnya negatif. "Hanya ada 236 positif dan masih menunggu hasil 100 an lagi. Artinya pasar raya memang cluster tertinggi dalam kasus COVID-19, namun hitungan dalam kasusnya dihitung secara keseluruhan keluarga yang terkena," terangnya.

"Misal saya kadis perdagangan kena kasus positif COVID-19, ketika itu menular ke anak dan istri saya, maka mereka masuk dalam cluster pasar raya. Guru yang misalnya jarang ke pasar raya dan kena oleh pedagang pasar raya, maka itu masuk dalam cluster pasar raya. Ini karena tracing yang dilakukan termasuk ke keluarga pedagang dan keluarga petugas. Jadi angka ini adalah hasil tracing," tuturnya.

baca juga: Peneliti Italia Ungkap 80 Persen Pasien Covid-19 Usia 20 Tahun ke Bawah Tak Tunjukkan Gejala

Ia mengatakan saat ini, petugas dari dinas perdagangan juga 15 orang positif dari 453. "Artinya ini ada sekitar 400 an petugas kami yang negatif," jelasnya.

Pasar Raya Padang telah melakukan tes swab COVID-19 kepada pedagang yang ada di daerah itu. Pemeriksaan ditargetkan untuk 2000 orang. Hingga hari ini, pemeriksaan telah dilakukan sebanyak 1772 orang dari pertama tes swab dilakukan hingga 30 Mei 2020 lalu. (*)

baca juga: Pulang dari Palembang, Warga Solok Positif Covid-19

Editor: Fitria Marlina