1.028 Jemaah Haji Kota Padang Gagal Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Sebanyak 1.028 orang jemaah haji Kota Padang tidak jadi berangkat ke tanah suci setelah keluarnya keputusan Mentri Agama beberapa waktu lalu.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Padang , Marjanis mengatakan bahwa pihaknya telah menerima pelunasan dari 1.028 orang calon jemaah haji .

baca juga: DPRD Padang Sesalkan Sampul LKS Bergambarkan Walikota

"Untuk tahap pertama kami menerima pelunasan sebanyak 955 orang dan tahap kedua sebanyak 73 orang," katanya saat dihubungi, Rabu 3 Juni 2020.

Ia mengatakan, persyaratan untuk keberangkatan haji telah diurus sesuai dengan keperluan jemaah dan sudah hampir selesai.

baca juga: Sejumlah Pedagang di Sekitar Lokasi Kebakaran di Padang Mulai Selamatkan Barang-barang

"Untuk paspor yang telah selesai oleh Kanwil Kemenkumham itu sebanyak 850 dan dalam proses sebanyak 169," lanjutnya.

Meskipun keberangkatan haji tahun ini dibatalkan, menurutnya yang telah mendaftar dan melakukan pelunasan akan bisa melaksanakan ibadah haji pada tahun depan.

baca juga: Kawasan Pasar Raya Barat Padang Terbakar, Api Terlihat Membubung Tinggi

"Jika nanti ada jemaah yang sudah melakukan pelunasan meninggal dunia, bisa digantikan oleh ahli warisnya dan bisa juga uangnya diambil oleh ahli waris," katanya.

Ia mengatakan, untuk ahli waris yang akan mengambil kembali uang tersebut, bisa melakukan pengurusan paling lambat sepekan sebelum keberangkatan tahun depan.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri