Pendaftaran SMP di Padang Dimulai 17 Juni, Ini Syarat dan Caranya

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF - Pendaftaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang akan dimulai pada 17 sampai 20 Juni 2020 mendatang.

"Untuk pendaftaran kami buka online melalui http://psb.diknaspadang.id dan formulirnya biaa diisi di website kami ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang , Habibul Fuadi, Rabu 3 Juni 2020.

baca juga: Guru Keluhkan Penghentian Tunjangan Profesi, Desak Pembatalan Peraturan Sekjen Kemendikbud

Ia mengatakan, untuk pendaftaran tersebut akan dilakukan dalam tiga tahap. Yaitu tahap pertama yang dimulai tanggal 17 Juni 2020 hingga 20 Juni 2020, tahap kedua jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan prestasi akademis tahap satu yang dimulai 30 Juni hingga 2 Juli 2020 dan tahap kedua yang dilakukan pada 5 sampai 7 Juli 2020.

"Untuk persyaratannya adalah formulir yang diunduh dari website kami, fotokopi ijazah atau bukti kelulusan, photo copy rapor kelas empat, lima dan enam, print out dari website http :// nisn.kemendikbud.go.id , surat pindah tugas orang tua wali khusus siswa yang bukan dari Padang , pfotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi ijazah untuk siswa yang lulus sebelum tahun 2020," lanjutnya.

baca juga: SD di Pessel Kembali Daring, Wali Murid Sesalkan Kebijakan Pemkab

Ia mengatakan, untuk registrasi online bisa dilakukan oleh orang tua atau siswa di website yang telah disediakan dengan mengisi semua form yang disediakan. "Saat masuk ke website, hal pertama yang harus dientrikan adalah tanggal lahir siswa sesuai dengan Kartu Keluarga (KK)," lanjutnya.

Selanjutnya, siswa memilih Kecamatan sesuai dengan tempat domisilinya. Ketiga, siswa memilih Kelurahan tempat tinggalnya. Selanjutnya, siswa mengisi tempat tanggal lahir sesuai dengan KK. Setelah itu, mengisikan nomor KK, mengupload foto KK dan terakhir mengupload foto ijazah atau bukti kelulusan.

baca juga: Sekolah di Masa New Normal, Guru PAI Dituntut Lebih Proaktif

"Setelah selesai mengisi form, pengumumannya bisa dilihat di website pada 3 Juli 2020 untuk tahap pertama dan 8 Juli untuk tahap kedua," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani