Pekan Ini, Masjid di Payakumbuh Sudah Bisa Kembali Menyelenggarakan Salat Jumat

Ilustrasi.
Ilustrasi. (net)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITF- Semenjak 17 April lalu, pelaksanaan Salat Jumat di Payakumbuh harus digganti dengan Salat Zuhur di rumah. Dan mulai Jumat (5/6) ini, masjid-masjid di daerah tersebut dipastikan sudah dapat kembali menyelenggarakan Salat Jumat dengan mengikuti protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz menyebut, diizinkannya masjid di daerah tersebut untuk kembali menggelar Salat Jumat diputuskan pada rapat bersama Forkopimda serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Pakem) di Aula Kesbangpol Kota Payakumbuh , Selasa (2/6) kemarin.

baca juga: Dua Pekan Jelang Idul Adha, Kadis Pangan Payakumbuh Sebut Harga Sembako Stabil

Menurut Erwin Yunaz, hal itu adalah bagian dari persiapan Kota Payakumbuh untuk menyambut new normal atau normal baru.

"Ini semua demi melindungi masyarakat kita agar tetap terlindungi dari COVID-19 saat menjalankan ibadah di tempat ibadah dan bisa tetap beribadah dengan khusyuk dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya, Rabu (3/6).

baca juga: Tak Puas dengan Infrastruktur, Warga Payakumbuh Bisa Lapor Melalui Singatur

Senada dengan itu, Ketua FKUB Kota Payakumbuh , Herman Ali menjelaskan, nantinya semua rumah ibadah akan mendapat surat dari Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Kota Payakumbuh , Kamis (4/6) besok terkait izin untuk kembali menjalankan ibadah di tempat ibadah.

"Dalam pelaksanaannya nanti, ada SOP (Standar Operasional Prosedur) yang harus dipatuhi, seperti memakai masker, bawa sajadah sendiri, pakai baju lengan panjang, dan pengurus menyediakan tempat cuci tangan. Pokoknya sesuai dengan protokol kesehatan," katanya.

baca juga: Ratusan Guru di Payakumbuh Ikut Tes Swab Massal, Ini Alasannya

Tidak hanya memberi izin untuk kembali menggelar Salat Jumat di masjid, pelaksanaan ibadah di tempat ibadah untuk pemeluk agama lain juga akan kembali diizinkan mulai pekan ini.

"Untuk di gereja, mereka katanya juga akan menunggu izin dari atasannya terlebih dahulu sebelum kembali menjalankan ibadah seperti biasa," kata Herman. (*)

baca juga: Tak Ingin Kawasan Batang Agam Semrawut, Wako Payakumbuh Ingatkan Jajarannya Terkait Hal Ini

Editor: Taufik Hidayat