Lakukan Swab Mandiri, Guru di Payakumbuh Positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal (tengah).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal (tengah). (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mencatatkan penambahan dua kasus positif COVID-19 baru, Rabu (3/6). Pertama, seorang guru perempuan inisial N (59) alamat Tarok, Kelurahan Tigo Koto Diate. Kedua, perempuan inisial K (33) seorang pedagang alamat Kelurahan Ibuah, Kecamatan Paykumbuh Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh , Bakhrizal menyebut, pasien K diketahui positif COVID-19 setelah yang bersangkutan memiliki inisiatif untuk melakukan swab mandiri.

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

"Pasien positif COVID-19 K melakukan swab mandiri dengan pengambilan sampel dilakukan di RSPH Semen Padang dan pemeriksaan sampel dilakukan di Jakarta. Hasilnya keluar kemarin (2/6)," kata Bakhrizal, Rabu (3/6) sore.

Pasien K diketahui yang bersangkutan kontak dengan pasien positif di Pasar Payakumbuh .

baca juga: Sekwan DPRD Solsel Sebut EST Tidak Hadir saat Kunker ke DPRD Sumbar

"Dia sempat melakukan perjalanan ke Pasar Payakumbuh dan berbelanja di beberapa toko," kata Bakhrizal.

Dijelaskannya, sampai saat ini Pasar Payakumbuh masih menjadi pusat penyebaran COVID-19 di daerah itu. Dari 20 kasus positif yang ditemukan, semuanya masih kluster Pasar Payakumbuh .

baca juga: Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

"Termasuk penambahan dua kasus positif baru ini, pasien yang masih dalam pengawasan kita 12 pasien. Dan yang sudah sembuh itu berjumlah delapan orang," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat