Unand Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, Fakultas Teknik Proyek Percontohan

Rektor Unand Prof. Yuliandri dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Gunawarman saat pencanangan zona integritas di Unand
Rektor Unand Prof. Yuliandri dan Dekan Fakultas Teknik Prof. Gunawarman saat pencanangan zona integritas di Unand (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebagai langkah pencegahan korupsi dan memberikan pelayanan dalam birokrasi yang bersih di kampus, Universitas Andalas ( Unand ) Padang mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Unand merupakan kampus ke 4 dari 14 perguruan tinggi lainnya yang mencanangkan pembangunan zona integritas. Fakultas Teknik ditunjuk sebagai proyek percontohan pencanangan zona integritas, karena dari fakultas yang ada fakultas ini yang paling siap.

baca juga: Dies Natalis Unand ke 64, Rektor: Mari Lanjutkan Pengembangan Unand

Rektor Unand Prof. Yuliandri menjelaskan, target dari zona integritas menciptakan birokrasi bersih, efektif, efisien dan transparan. Kemudian menargetkan pelayanan berkualitas bagi semua stok holder.

"Kita ingin ciptakan birokrasi beritegritas dengan prinsip transparency, accuntability, responstibility, independensy dan fairness," jelasnya, saat pencanangan zona integritas di Unand , Rabu, 3 Juni 2020.

baca juga: Ini Tanggapan Pakar Politik Unand Tentang Pernyataan Puan Maharani

Dilanjutkannya, untuk mewujudkan hal itu, ke depan akan laksanakan perbaikan sistem layanan secara berkesinambungan, peningkatan kapasitas SDM di Unand , peningkatan keterlibatan pemangku kepentingan, penguatan kontrol.

"Kemudian juga tidak kalah penting sosialisasi berkelanjutan. Agar, semua pihak tahu bahwa kita menuju dan mulai menerapkan zona integritas," terangnya.

baca juga: 9 Mahasiswa Penerima Beasiswa Asal Myanmar Mulai Pendidikan di Universitas Andalas

Prof. Yuliandri menargetkan setelah ini semua lembaga dan institusi di Unand akan menerapkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi.

"Penekanan zona integritas meliputi tata kelola yang baik, penguatan akuntabilitas dan pelayanan publik yang berkualitas. Membangkitkan kesadaran internal akan pelayanan," kata dia.

baca juga: Kasus COVID-19 Kembali Meningkat di Sumbar, Kepala Laboratorium Unand Ingatkan Hal Ini

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik Prof. Gunawarman menyampaikan, Fakultas Teknik memang paling siap ditengah persiapan yang singkat. Kemudian Fakultas Teknik beberapa tahun belakangan memiliki prestasi dan capaian cukup baik.

"Alhamdulillah, ini sesuai dengan visi misi kami di teknik, menjadi fakultas yang bermartabat," tuturnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir