Lima Rumah Warga dan Satu Musala Rusak Dihantam Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

Longsor menimpa Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar
Longsor menimpa Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan, Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Batipuh Selatan pada Rabu 3 Juni 2020 malam mengakibatkan terjadinya longsor di Kandang Itiak, Jorong Kubu Gadang, Nagari Sumpur.

Camat Batipuh Selatan Herru Rachman menyebut longsor akibat hujan deras sejak pukul 18.30 Wib itu telah mengakibatkan lima rumah warga dan satu musala mengalami kerusakan, dan tidak ada korban jiwa atau terluka.

baca juga: Plt. Kabag Umum Setda Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Selain merusak rumah, longsoran tanah juga menutup akses jalan sepanjang 30 meter dengan ketinggian material mencapai 100 sentimeter, mengakibatkan jalan umum yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Padang Panjang terputus dan belum bisa dilalui kendaraan.

Ia merinci lima rumah warga yang mengalami kerusakan dan sudah diungsikan itu adalah Nofriadi umur 50 tahun, sopir, rusak pekararangan rumah, M. Nur (Mak Inua), umur 65 tahun, petani, rumah rusak berat, Syafril, umur 65 tahun, petani, rumah rusak ringan, Ermawati, umur 54 tahun, ibu rumah tangga, dapur rumah rusak, dan Zurni, umur 50 tahun, petani, rumah usak ringan, serta Musala Al Kausar mengalami rusak ringan.

baca juga: TPU Bungus Masih Mampu Menampung 500 Jenazah Covid-19

Herru menjelaskan sejak tadi malam personil BPBD Tanah Datar dibantu anggota Polri, TNI, Dinas PUPR, Satgas Nagari, dan warga sekitar telah melakukan penanggulangan bencana dengan mengevakuasi warga yang terdampak longsor ke tempat yang lebih aman.

Sementara untuk membersihkan material longsor akan dilakukan pagi ini, Kamis 4 Juni 2020 mengingat di malam waktu kejadian masih ada potensi longsor susulan, serta untuk akses lalulintas tersedia jalan alternatif.

baca juga: 15 Warga Tanah Datar Sembuh COVID-19, Terkonfirmasi Positif 182 Orang

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani