Ini Kondisi Terkini Longsor di Tanjung Sani Agam

Suasana Pembersihan Material Longsor
Suasana Pembersihan Material Longsor (BPBD Agam)

AGAM , KLIKPOSITIF --Pemerintah Agam bergerak cepat atas terjadinya longsor di Jorong Pantas, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya. Pusdalops BPBD Agam Lukman mengatakan, kekinian pihaknya sudah berhasil membuka akses jalan yang sebelumnya sempat terputus karena tertimbun material.

"Sudah dilakukan pembersihan material dengan sistem gotong royong, akses sudah bisa dilewati kendaraan roda dua,"ucapnya, Kamis 4 Juni 2020.

baca juga: Agam Tambah 21 Pasien COVID Hari Ini

Menurut Lukman, longsor mengakibatkan 2 rumah rusak berat dan 3 lainnya rusak ringan sehingga mengakibatkan 17 jiwa terpaksa mengungsi.

"Mereka yang terdampak mengungsi ke tempat sanak familinya. Saat ini pemerintah bersama TNI dan Polri maupun masyarakat masih terus mengevakuasi material,"sambungnya.

baca juga: Mundur dari KPK, Ini Rencana Febri Diansyah

Longsor berupa campuran lumpur dan tanah menghantam wilayah itu pukul 18.15 WIB kemarin, tak ada korban terluka akibat insiden tersebut.

BPBD menyebut, longsor dipicu hujan deras berkepanjangan di wilayah tersebut serta menutup akses jalan sepanjang 100 meter dengan tinggi antara 40-70 centimeter.

baca juga: Sampel Banyak Menumpuk, Hasil Swab Pasien di Agam Lama Menunggu

"Kita imbau warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di perbukitan atau dekat tebing, untuk tetap waspada terutama saat hujan deras,"imbau Lukman.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri