Wapres Ma'ruf: Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Peluang Ekonomi Syariah

Wapres Maruf Amin.
Wapres Maruf Amin. (Net)

KLIKPOSITIF - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai pandemi virus Corona Covid-19 bisa menjadi peluang untuk ekonomi dan keuangan syariah . Pasalnya, produk-produk halal dianggapnya akan menjadi pilihan di tengah dorongan hidup secara sehat dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Ma'ruf menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah mengusahakan menggunakan skenario tatanan hidup baru atau New Normal di mana masyarakat diajak untuk beraktivitas dengan menerapkan hidup bersih. Dengan begitu, ketertarikan masyarakat terharap industri produk halal yang menjunjung tinggi nilai higienitas pun akan meninggi.

baca juga: Sampah di Padang Berkurang Selama Pandemi, DLH: Lebih 50 Persen

"Di sinilah peluang industri produk halal yang jika diterapkan secara baik, Insya Allah dapat menjadi pilihan," jelas Ma'ruf saat menyampaikan pidato dalam acara Webinar Nasional UIN Malang secara virtual, Kamis (4/6/2020).

Kemudian, para pelaku ekonomi syariah pun bisa tetap bertahan bahkan berkembang di tengah pandemi Covid-19 apabila didukung dengan pengembangan teknologi digital. Sebab dengan adanya pandemi, masyarakat mesti diam di rumah dan memaksakan diri bertransaksi secara digital.

baca juga: Kedepan Tak Ada Lagi Polisi Tilang Langsung di Jalan, Ini Langkah Komjen Listyo Sigit

"Pelaku ekonomi syariah harus menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, sehingga pemanfaatan teknologi digital dan transaksi online menjadi mutlak diperlukan," ujarnya.

Dengan adanya skenario New Normal yang akan diterapkan pemerintah, Ma'ruf berpesan kepada seluruh pelaku ekonomi syariah dapat menyesuaikan diri.

baca juga: Sah, Komisi III DPR Setuju Angkat Listyo Sigit Jadi Kapolri Baru

"Kegiatan usaha yang berkaitan dengan penyediaan makanan dan minuman seperti restoran, akan lebih dahulu dibuka secara terbatas dan menyusul kegiatan ekonomi lain yang berskala besar seperti pusat perbelanjaan," pungkasnya.

Editor: Eko Fajri