Satu-satunya Pasien COVID-19 Sembuh, Kota Solok Bebas Corona

Juru bicara tim gugus tugas penanganan COVID-19 kota Solok, dr. Ambun Kadri
Juru bicara tim gugus tugas penanganan COVID-19 kota Solok, dr. Ambun Kadri (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Setelah menjalani isolasi dan perawatan intensif di BPP Padang, akhirnya pasien 01 positif Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) Kota Solok dinyatakan sembuh.

Hal itu disampaikan Wali Kota Solok , H. Zul Elfian melalui juru bicara Tim gugus tugas COVID-19 Kota Solok , dr. Ambun Kadri, Kamis (4/6/2020) di Balaikota Solok.

baca juga: Kelurahan IX Korong, Kampung Tangguh COVID-19 Kota Solok

Menurutnya, pasien 01 COVID-19 Kota Solok dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali PCR Swab test melalui laboratorium kedokteran Unand Padang.

"Tes pertama dilakukan 26 Mei 2020, dan hasilnya negatif. Kemudian swab kedua dilakukan 2 Juni 2020 dan hasilnya juga negatif," terang dr. Ambun Kadri.

baca juga: Kabar Baik, Pasien COVID-19 Terlama di RSAM Sembuh

Usai menjalani dua kali test dengan hasil negatif, pasien 01 Kota Solok tersebut sudah diizinkan pulang ke Kota Solok . Dengan demikian, Kota Solok kembali menjadi zona hijau kasus COVID-19 di Sumatra Barat.

Sebelumnya, pertahanan Kota Solok terhadap penyebaran kasus COVID-19 jebol dengan ditemukannya satu orang yang terkonfirmasi positif setelah hasil tes labor terhadap test swab acak yang dilakukan keluar.

baca juga: Awas, Banyak Tes Antibodi Virus Corona Palsu Dijual Onilne

Laki-laki berusia 25 tahun, warga kelurahan Nan Balimo tersebut langsung diisolasi di RSUD Kota Solok selama satu hari pada 19 Mei 2020. Keesokan harinya langsung dikirim ke BPP Padang untuk isolasi.

Diketahui, pria tersebut berprofesi sebagai distributor keliling (salesman) yang mengantarkan dagangannya ke berbagai agen/toko di beberapa wilayah kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

baca juga: IBF 2020 : Protokol COVID-19, Faktor Kunci Kebangkitan Industri EO

19 Mei 2020, Tim gugus tugas Kota Solok langsung melakukan tracking terhadap kontak erat dengan korban, terutama keluarga. Total sebanyak 62 orang, dan hasilnya, tidak ada warga Kota Solok lainnya yang positif.

Terpisah, Wakil Wali Kota Solok , Reinier sangat berbahagia dengan telah sembuhnya pasien COVID-19 asal Kota Solok . Menurutnya, hal tersebut merupakan kabar gembira bagi keluarga dan masyarakat kota Solok.

"Alhamdulillah, warga kita yang sebelumnya positif, sudah sembuh dan pulang kerumahnya. Kita berdo'a, mudah-mudahan ini kasus pertama dan terkahir di kota kita ini," cetusnya.

Pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan menerapkan pola hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan yang disampaikan, apalagi kota Solok bakal memasuki tatanan Normal Baru (New Normal).

Penulis: Syafriadi | Editor: Rezka Delpiera