Arab dan Rusia Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Terus Naik

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Harga minyak dunia terus melanjutkan peningkatan harga pada perdagangan Kamis atau Jumat (5/6/2020) waktu Indonesia. Pemicu utamanya adalah soal kesepakatan pemangkasan produksi dari negara-negara penghasil minyak utama dunia.

Melansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2020 naik 12 sen menjadi 37,41 dolar Amerika Serikat (AS) per barel di New York Mercantile Exchange.

baca juga: Astronom Deteksi Empat Objek Misterius di Antariksa

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus 2020 meningkat 20 sen menjadi 39,99 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Arab Saudi dan Rusia yang merupakan dua negara produsen minyak mentah terbesar di dunia ingin memperpanjang kesepakatan pemangkasan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari yang disepakati OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries), dan negara-negara produsen lainnya yang tergabung dalam OPEC+ sejak April lalu.

baca juga: Fadli Zon Nilai Perlu Terobosan Selesaikan Konflik Palestina -- Israel

Pertemuan OPEC+ yang seharusnya berlangsung Kamis ditunda karena Saudi dan Rusia ingin terlebih dahulu memastikan tingkat kepatuhan yang lebih baik dari negara-negara lainnya yang tergabung dalam kesepakatan.

Pertemuan OPEC+ kemungkinan besar baru bisa dilaksanakan pada pertengahan Juni mendatang.

baca juga: WHO: Masih Ada Harapan untuk Mengendalikan Wabah COVID-19

Editor: Eko Fajri