Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

Dandim 0306/50 Kota saat kunjungan ke rumah veteran di Lima Puluh Kota
Dandim 0306/50 Kota saat kunjungan ke rumah veteran di Lima Puluh Kota (Ade Suhendra)

LIMA PULUH KOTA, KLIKPOSITIF - Kodim 0306/50 Kota bangun sebanyak 10 unit rumah warga miskin dan veteran, Kamis 4 Juni 2020 kemarin. Kegiatan sosial yang bertajuk 'Bakti TNI Bergerak Kodam Peduli' ini dalam rangka peringatan HUT Kodam 1/Bukit Barisan ke-70 tahun.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S. Lahe mengatakan dua di antara sepuluh rumah yang dibangun tersebut merupakan rumah veteran. Ia menjelaskan kegiatan tersebut berlangsung di daerah Guguak dan Suliki.

baca juga: Tak Yakin Tuntas di Masanya, Riza Falepi Ingin Jadi yang Memulai Pembangunan Masjid Raya Payakumbuh

"Selain dua rumah veteran, kami juga membangun delapan rumah layak huni bagi warga miskin yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Targetnya, dalam 14 hari ke depan rumah ini dapat selesai dan ditempati," kata Dandim 0306/50 Kota saat dihubungi KLIKPOSITIF Jumat 5 Juni 2020.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Dandim 0306/50 Kota menjelaskan ada dua titik lokasi yang ditinjau oleh rombongan. Kedua lokasi ini adalah di Jorong Kuranji, Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak dan Jorong Jariangau, Nagari Suliki, Kecamatan Suliki.

baca juga: Pendistrian Jalan di Payakumbuh Tidak Hanya untuk Perwajahan Kota

"Salah satu rumah veteran yaitu rumah milik Bapak Syofyan ini roboh karena bencana alam angin kencang beberapa waktu lalu. Kedatangan ini juga sekaligus ajang silaturahim dengan beliau yang telah berumur 88 tahun," ujarnya.

Ia berpesan kepada Koramil 06 dan anggotanya untuk segera melakukan renovasi dan pembangunan kembali rumah tersebut. Kemudian ia pun juga langsung bertemu dengan kawi (93 tahun) yang juga merupakan seorang veteran di daerah Suliki.

baca juga: Sekolah di Payakumbuh Akan Kembali Dibuka Mulai 13 Juli, Ini Penjelasan Disdik

"Untuk alokasi anggaran sendiri per unit rumah yaitu sekitar Rp30 juta. Sumber dananya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Baznas Kabupaten Limapuluh Kota . Kita menargetkan 14 hari renovasi rumah warga miskin dan rumah veteran ini akan rampung dilaksanakan dan dibantu juga oleh anggota Babinda dan masyarakat," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri