Memasuki Normal Baru, Objek Wisata di Sumbar Akan Dibuka Kembali

Objek wisata Jam Gadang Bukittinggi
Objek wisata Jam Gadang Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bersama kabupaten dan kota merencanakan membuka kembali objek wisata .

Namun sebelum dibuka ada beberapa item Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus disiapkan, yakni pelaksanaan tatanan normal baru produktifitas aman covid (New Normal)

baca juga: Kabar Baik, Pasien COVID-19 Terlama di RSAM Sembuh

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno ketika menerima Audiensi dari Anggota Dewan Perwakilan Daeerah (DPD) RI Sumatera Barat dalam rangka membahas tentang langkah-langkah pelayanan (SOP) sebelum membuka kembali objek wisata dan hotel di daerah era new normal di ruang kerja Gubernur. Kamis (4/6).

Gubernur Sumbar juga mengatakan, dalam pelaksanaan SOP tersebut mengacu bagaimana memunculkan karakter masyarakat disiplin protokol covid.

baca juga: Awas, Banyak Tes Antibodi Virus Corona Palsu Dijual Onilne

"Diantaranya pengukuran suhu, cuci tangan, jaga jarak, pakai masker kemudian ada tim terpadu yang mengawasi diantaranya dari Diskes, Pol PP, TNI dan Polri. kemudian operasionalnya disesuaikan dengan jam kerja, tidak boleh dibuka sampai malam," ungkap Irwan Prayitno sambil berbincang dengan anggota DPD RI.

Irwan Prayitno juga menyebut untuk saat ini hotel masih ada menawarkan paket, namun sesuai protokol covid.

baca juga: IBF 2020 : Protokol COVID-19, Faktor Kunci Kebangkitan Industri EO

"Untuk pelayanan hotel nantinya tetap dibuka sesuai protokol covid, tetapi tidak boleh mengadakan event-event yang menimbulkan keramaian," ujarnya

Kemudian gubernur juga mengajak untuk karyawan misalnya, ketika mereka datang hotel harus langsung melakukan cek suhu, cuci tangan menggunakan alat pelindung diri (APD), setelah itu mereka baru diperkenankan untuk melaksanakan tugas.

baca juga: Pemko Padang Anggarkan Lagi Rp60 Miliar Untuk Tangani COVID-19, Fokus Hal Ini

"Sementara untuk tamu juga ada protokol covid yang harus ditaati baik petugas, wisatawan baik lokal dan mancanegara yang didahului dengan visiar negatif covid, serta hal-hal lain menjadi perhatian antisipasi penyebaran COVID-19," terangnya.

Dalam kunjungan ini hadir semua Anggota DPD RI Dapil Sumbar, Leonardy Harmainy, Anggota DPD RI Emma Yohanna, Anggota DPD RI Alirman Sori dan Anggota DPD RI, Muslim M Yatim. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir