Setelah Diambil Sampel Swab ASN Solsel Dilarang Keluar Rumah

pengambilan sampel Swab ASN di kantor BPBD Solsel
pengambilan sampel Swab ASN di kantor BPBD Solsel (BPBD)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Solok Selatan diambil sampelnya untuk dites karena telah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 (Bm, 56 Tahun). Pasien ini bertugas sebagai Kepala Dinas pada salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu.

Plt Bupati Solok Selatan menginstruksikan kepada setiap ASN yang diambil sampel swab tersebut agar tidak berinteraksi dengan orang lain seperti masuk kantor atau keluar rumah hingga hasil pengujian sampel swab keluar.

baca juga: Lantik Wali Nagari Sungai Kunyit, Ini Harapan Plt Bupati Solsel

"ASN dan juga unsur masyarakat lain yang diambil sampel Swabnnya, untuk tidak ke kantor atau keluar rumah, Saya minta untuk mematuhi protokol yang ada hingga hasil Swab keluar," tegas Plt. Bupati Solok Selatan Abdul Rahman di Padang Aro, Jum'at 5/6.

Dia juga menginstruksikan OPD terkait agar secepatnya melakukan penelusuran riwayat kontak secara menyeluruh terhadap para ASN yang pernah kontak erat untuk diambil sampelnya.

baca juga: Sistem PPDB Tahun Ini Bikin Pelajar Terancam Putus Sekolah, Mario Syahjohan: Harus Segera di Evaluasi

"Ini penting dilakukan agar segera terdeteksi dan dapat penanganan secara cepat guna memutus mata rantai penyebarannya virus ini," katanya

Seperti halnya kasus di KPGD imbuhnya, dengan upaya penelusuran cepat mata rantai penyebarannya bisa diputus sehingga tidak banyak yang terpapar.

baca juga: Jumlah Kasus Terus Bertambah, WHO Sebut Pandemi Bisa Makin Memburuk

"ASN dan masyarakat yang pernah merasa kontak dengan yang bersangkutan, saya himbau untuk segera melapor dan diambil sampel untuk diuji," pintanya

Kepala Dinas Kesehatan Solsel yang juga juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19 Solsel Novirman mengatakan pihaknya telah memulai penelusuran dan pengambilan sampel sejak kemarin.

baca juga: Selamatkan Seorang Nenek dari Kebakaran, Begini Aksi Heroik Tukang Galon di Bukittinggi

Pengambilan sampel katanya, juga dilanjutkan hari ini di Kantor BPBD Solok Selatan dan Puskesmas Muara Labuh

"Disamping penelusuran yang dilakukan, kami meminta kepada seluruh ASN dan juga masyarakat, agar melaporkan dirinya, jika pernah merasa kontak erat dengan pasien positif Bm," katanya

Dia mengungkapkan Kondisi pasien positif tersebut, saat ini dalam keadaan sehat dan stabil, dan tidak bergejala.

Dia menambahkan khusus pasien beserta istri dan anak-anaknya dilakukan pengambilan sampelnya di RSUD Solsel hari ini.

"Istri dan 3 orang anak beliau di Solsel diambil sampelnya pagi ini di RSUD. Termasuk Bm sendiri juga diambil kembali, karena sudah 7 hari sejak diambil sampel pertamanya. Mudah-mudahan besok hasilnya sudah kita ketahui, karena khusus keluarga pasien positif, hasilnya bisa dipercepat keluar," terang Novirman.

Sedangkan keluarga pasien yang lain karena berdomisili di Kota Padang, menurutnya akan dikoordinasikan dengan pihak terkait disana, guna dilakukan penelusuran selanjutnya.

"Kita koordinasikan dengan pihak terkait di Padang agar dapat ditelusuri riwayat kontak serta pengambilan sampel swab untuk diuji," jelasnya.

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani