Rumah Ibadah Akan Dibuka Secara Bertahap di Daerah Zona Hijau

Masjid Raya Jabal Rahmah Semen Padang
Masjid Raya Jabal Rahmah Semen Padang (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan membuka secara bertahap dan serta merta adalah rumah ibadah dengan syarat berada di zona hijau.

"Rumah ibadah akan dibuka dengan syarata berada di zona hijau dan atas izin camat dan mengikuti maklumat MUI 007/MUI-SB/V-2020 dengan ketentuan tertentu. Kemudian juga diikuti dengan izin pengurus," katanya di DPRD Sumbar.

baca juga: Kasus COVID di Pessel Bertambah 9 Orang, 5 Diantaranya Petugas RSUD Painan

Ia mengatakan pembukaan ini tiodak hanya untuk Salat Jumat, namun juga untuk salat lima waktu lainnya. "Karena sejauh ini belum ada rumah ibadah yang terkena COVID-19 atau kasus dari rumah ibadah," tuturnya.

Syarat dan ketentuan untuk salat di masjid, antara lain ada komitmen masyarakat setempat untuk melakukan pengendalian internal. "Termasuk tidak mengizinkan jamaah dari luar untuk mengikutinya. Kemudian masjid dilarang mebentangkan sajadah/karpet untuk salat atau sajadah dibawa oleh masing-masing jemaah," terangnya.

baca juga: Kenali 4 Tipe Masyarakat dari Cara Memakai Masker Covid-19, Anda yang Mana?

Syarat lainnya yaitu menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun atau sanitizer serta penyemprotan sebelum masuk kedalam masjid. Kemuian setiap jemaah memaki masker serta mengikuti seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan. "Sedangkan untuk kegiatan agama selain Islam juga mengikuti protokol kesehatan," jelasnya. (*)

Editor: Fitria Marlina