Sempat Terjadi Kejar-kejaran, Tiga Tersangka Narkoba Akhirnya Dibekuk Polres Payakumbuh

Tersangka Narkoba jenis pil ekstasi dan sabu saat diamankan Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh
Tersangka Narkoba jenis pil ekstasi dan sabu saat diamankan Tim Gagak Hitam Polres Payakumbuh (Ade Suhendra)
PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -

Jelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid III, Polres Payakumbuh melalui Tim Gagak Hitam Satresnarkoba amankan 3 pelaku terkait narkoba . Ketiga pelaku dan barang bukti saat ini sudah berada di Mapolres Payakumbuh .

Kasat Resnarkoba Iptu Desneri mengatakan ketiga pelaku ditangkap pada Kamis 4 Juni lalu. Penangkapan dilakukan di beberapa lokasi setelah sebelumnya salah seorang pelaku ditangkap saat akan mengantarkan narkoba jenis pil ekstasi.

baca juga: Drainase di Payakumbuh Dipenuhi Minyak, Ini yang Terjadi

"Benar, beberapa waktu lalu kami amankan 3 tersangka, salah seorang tersangka merupakan perempuan. Mereka terlibat kasus narkoba dan dari ketiganya berhasil diamankan belasan pil ekstasi dan Sabu," kata Iptu Desneri didampingi KBO Satresnarkoba Ipda JH. Sinaga, Sabtu 6 Juni 2020.

Ia menjelaskan ketiga tersangka yaitu JA (25 tahun), NM (38 tahun), dan AW (34 tahun). Penangkapan pertama kali dilakukan terhadap JA yang akan mengantarkan pesanan pil ekstasi ke Kawasan Kubu Gadang, Kelurahan Kotokociak Kubu Tapakrajo, Kecamatan Payakumbuh Utara.

baca juga: APBD Kota Payakumbuh 2021 Disetujui Lewat Video Conference, Berikut Rinciannya

"Penangkapan dilakukan cukup dramatis, pasalnya tersangka mencoba kabur. Namun setelah dilakukan pengejaran maka petugas terpaksa memberikan tembakan peringatan sebanyak 2 kali," kata Kasat Narkoba bersama Kanit Resnarkoba Aiptu Supriyadi 'Ed' Dahlan dan Dantim Buser Aipda JM. Pasaribu.

Hasil penggeledahan, hanya ditemukan 2 pil ekstasi dan setelah dilakukan penyelidikan akhirnya tersangka mengaku dapat barang haram tersebut dari rekannya. Kemudian Tim Gagak Hitam melanjutkan penangkapan ke rumah NM, seorang perempuan yang beralamat di Kelurahan Padang Tangah Payobadar, Kecamatan Payakumbuh Timur.

baca juga: Demi Menjaga Netralitas, Bawaslu Payakumbuh Ajak ASN Taat Aturan di Pilgub Sumbar

"NM yang merupakan ibu dua orang anak ini berhasil kami tangkap karena tidak mengetahui bahwa JA telah lebih dulu ditangkap. Di rumah tersangka NM ini kami berhasil menemukan narkoba jenis sabu dan pil ekstasi serta bukti transfer uang," kata Iptu Desneri.

Menurut pengakuan NM, narkoba tersebut didapatkannya dari mantan suaminya AW (34 tahun). Tim Gagak Hitam pun langsung menuju kediaman AW yang berada tidak jauh dari lokasi NM berada.

baca juga: PPID SMAN 2 Payakumbuh Raih Penghargaan Kategori Informatif

"AW kami bekuk saat sedang makan dirumah kontrakannya di Kelurahan Padang Tangah Payobadar. Di sana kami temukan sejumlah paket narkoba jenis ekstasi dan disaksikan langsung oleh istrinya keduanya bersama aparatur RT dan RW," ujarnya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Haswandi