Ditanya Pernah Dukung Prabowo, Ini Jawab Ustaz Somad

Pengakuan Ustaz Abdul Somad tak ngefans Prabowo
Pengakuan Ustaz Abdul Somad tak ngefans Prabowo (Youtube)

KLIKPOSITIF - - Ustaz Abdul Somad mengaku tak pernah menyesal mendukung Prabowo Subianto meski kenyataannya saat ini Prabowo telah bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Hal ini ia ungkapkan ketika diundang untuk berbincang-bincang dalam channel YouTube Refly Harun, Sabtu (6/6/2020). Refly bertanya apakah Ustaz Somad pernah menyesal mendukung Prabowo mengingat bukan hanya sekali Prabowo kalah dalam pilpres.

baca juga: Aturan Bersepeda dari Kemenhub Soal Wajib Pakai Helm, Ini Penjelasannya

"Ustaz enggak kecewa? Dua hal, pertama yang ustadz dukung kalah, kalahnya dua kali, tiga kali bahkan dulu pernah cawapres," tanya Refly.

Mendengar hal ini, Ustaz Somad justru menjawab dirinya sama sekali tak pernah mengidolakan sosok Prabowo . Yang ia dukung dari Prabowo adalah ide dan gagasannya.

baca juga: 16 Paket Besar Ganja Kering Disita, Empat Pelaku Dibekuk di Pasbar

"Yang pertama saya tidak menjadi fans orang, tapi ide dan gagasan," jawab Ustaz Somad.

Menurutnya, siapapun yang lebih mendukung ide dan gagasan akan bisa melanjutkan perjuangan. Jadi, bukan berdasarkan sosoknya namun ide yang ia punya.

baca juga: Pelajaran Sejarah Tidak Lagi Wajib?, Wakil Ketua MPR Sarankan Nadiem Makarim Kembali Belajar

"Saya tidak kecewa karena gagasan akan diperjuangkan oleh siapapun," lanjutnya.

Selain itu, Ustaz Somad juga membeberkan fakta bahwa alasannya memilih Prabowo adalah karena nasehat dari para ulama. Saran ulama yang membuatnya memilih sosok Prabowo pada Pilpres 2019.

baca juga: Ini Pengakuan Ibu Pelaku Penusakan Syekh Ali Jaber Tentang Kondisi Anaknya

"Yang kedua bahwa saya tidak berpikir sendiri, tidak berijtihad sendiri, saya melihat fatwa ulama. Ulama yang dzahir yang melihat dari analisa, ulama yang bathin yang selalu mendapatkan inspirasi. Wahyu sudah terputus tapi mereka mendapat ilham karena kejernihan hati, mereka yang menyuruh saya," terangnya.

Ia pun sempat mengatakan bahwa dirinya memilih sosok Prabowo agar tak disalahkan oleh pengikutnya di masa mendatang.

"Saya hanya melakukan yang perlu saya lakukan agar umat tidak menyalahkan saya di masa yang akan datang," ujar Ustaz Somad.

Editor: Eko Fajri