Pulang dari Rantau, Satu Orang Warga Lima Puluh Kota Positif COVID-19

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota Fery Chofa
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Lima Puluh Kota Fery Chofa (Ade Suhendra)
LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF -

Satu warga Lima Puluh Kota kembali dinyatakan positif, Sabtu 6 Juni 2020.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Fery Chofa mengatakan penambahan tersebut merupakan sampel yang dilakukan di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman pada 3 Juni 2020.

baca juga: Jalin Silaturahim, Dandim 0306/50 Kota Buka Kegiatan Trabas di Lima Puluh Kota

Fery Chofa mengatakan warga positif tersebut berdasarkan KTP beralamat di Andaleh, Kecamatan Luak. Ia merupakan seorang laki-laki dengan inisial RYS (23 tahun) yang bekerja dan berdomisili di Kalimantan Timur.

"Sebelumnya, yang bersangkutan sebelumnya berstatus ODP, diduga terpapar di tempat kerja. Penanganan saat ini dibawa dan dikarantina di BPSDM, Padang. Menurut informasi RYS pulang kampung untuk menjenguk keluarga atau orang tuanya," kata Fery Chofa.

baca juga: Hari Ini Agam Ditetapkan Jadi Zona Merah COVID-19

Ia menjelaskan sesuai dengan protokol yang berlaku, saat ini pihak Dinkes sedang melakukan penelusuran kontak erat dan dekat di Lima Puluh Kota . Kemudian pihak Dinkes Provinsi saat ini juga melakukan tracking kontak RYS dari Bandara sampai ke Lima Puluh Kota .

"Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19 Lima Puluh Kota juga akan melakukan melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar rumah keluarga RYS di Andaleh. Sehingga secara kumulatif, sudah 12 orang yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Lima Puluh Kota dan 10 orang dinyatakan sembuh," ujarnya.

baca juga: Agam Tambah 11 Kasus Positif COVID-19, Terendah dalam Sepekan Terakhir

Lebih lanjut, Fery Chofa menambahkan bahwa berdasarkan laporan hasil pemeriksaan sampel swab tertanggal 4 Juni 2020 ada sebanyak 53 sampel swab yang dikirim oleh Dinkes Lima Puluh Kota dan semuanya dinyatakan Negatif dari Lab FK Unand. Sementara itu, semuanya merupakan hasil tracking dari RA, ABK kapal Mentawai yang sudah dinyatakan sembuh dan pulang hari ini.

"Begitu pula dengan hasil swab anggota DPRD Lima Puluh Kota yang telah diswab semuanya dinyatakan negatif. Tadi juga telah digelar Apel Kesiapsiagaan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru di Kabupaten Lima Puluh Kota yang diikuti oleh Bupati Lima Puluh Kota , Forkopimda, OPD terkait, dan berbagai elemen masyarakat lainnya," katanya.

baca juga: Dua Warga Pessel Positif COVID-19, Masing-masing Warga Sutera dan Ranah Pesisir

Secara terpisah, Bupati Irfendi Arbi menegaskan bahwa tatanan normal baru merupakan pelonggaran aktifitas masyarakat di berbagai sektor seperti perdagangan barang dan jasa, layanan pemerintahan dan tempat kerja, pariwisata, rumah ibadah, fasilitas umum dan sosial, serta nantinya pendidikan. Tujuan dikatakan Irfendi Arbi agar masyarakat tetap produktif namun tetap dengan pembatasan yang berpedoman pada protokol kesehatan agar aman dari penyebaran Covid 19 .

"Pelonggaran aktifitas ini tentunya dilaksanakan secara bertahap. Kami juga mengimbau masyarakat agar benar-benar disiplin dalam mematuhi aturan dan protokol kesehatan tersebut, terutamanya jaga jarak dalam beraktifitas, pakai masker, hidup sehat dan bersih dengan sering cuci tangan. Tetap disiplin mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku dalam masa Tatanan Normal Baru dan optimis menjalaninya," ujar Irfendi Arbi.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Eko Fajri