Difasilitasi KPK, 10 Saksi Diperiksa Secara Online di Sidang Dugaan Korupsi Alkes RSUD Rasidin Padang

Gedung KPK RI
Gedung KPK RI (net)

KLIKPOSITIF -- Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Ali Fikri mengatakan, pihaknya memfasilitasi pemeriksaan 10 saksi dalam persidangan yang digelar secara online dari Gedung KPK .

Sidang yang digelar Jumat (5/6/2020), merupakan perkara dugaan tindak pidana korupsi (TPK) Alat Kesehatan RSUD Rasidin Padang dengan terdakwa dr. Artati Suryani dan kawan-kawan (dkk), yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Padang di Sumatera Barat.

baca juga: Sidang Kasus Suap, Jaksa KPK Tuntut Muzni Zakaria 6 Tahun Penjara

Ali Fikri menambahkan, saksi-saksi atas nama Defitra Eka Jaya sebagai Direktur Operasional PT GSM dkk yang diperiksa dalam perkara ini.

"Seluruhnya berdomisili di wilayah Jabodetabek sehingga sebagaimana protokol COVID-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah, agar tidak melakukan perjalanan ke luar wilayah Jabodetabek yang berpotensi menimbulkan dampak penyebaran COVID-19," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF melalui pesan WhatsApp, Sabtu (6/6/2020).

baca juga: Kasus Djoko Tjandra, Hari Ini KPK Gelar Perkara Bersama Polri dan Kejagung

Fasilitasi persidangan tersebut, lanjutnya, dilaksanakan oleh Unit Korsupdak Wilayah IX KPK atas permintaan Kepala Kejaksaan Negeri Padang. "Ini dalam rangka mempercepat penyelesaian penanganan perkara di situasi dan kondisi pandemi COVID-19," ujarnya.

Ali Fikri menyebut, dalam pelaksanaan tugas koordinasi dan supervisi dengan aparat penegak hukum (APH) lain, KPK akan berupaya semaksimal mungkin untuk terus dan tetap memberikan dukungan kepada APH lain dalam pemberantasan perkara TPK yang di terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

baca juga: KPK Periksa 2 Pihak Swasta Terkait Kasus Suap Nurhadi

Editor: Muhammad Haikal