Pos Indonesia Kembalikan Dana BLT untuk 911 KK ke Pemprov Sumbar, Ini Alasannya

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 12.494 Kepala Keluarga (KK) di Kota Padang dari 13.405 KK telah menerima bantuan langsung tunai ( BLT ) dari provinsi yang disalurkan Pos Indonesia . Sisanya, 911 KK tidak disalurkan karena calon penerima meninggal dan data ganda.

Kepala Pos Padang, Sartono mengatakan, sebanyak 911 penerima yang belum diserahkan merupakan data ganda dan penerima telah meninggal dunia.

baca juga: Pemprov Akan Inventarisir Sektor Tertentu Genjot Pendapatan Daerah

"Ada penerima BLT ini yang juga sudah terdaftar sebagai penerima Bansos lainnya," katanya.

Sementara untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial telah direalisasikan kepada sebanyak 23.991 penerima dari total penerima sebanyak 28.136.

baca juga: Lebih Seminggu Melandai, Hari Ini 14 Warga Padang Dinyatakan Positif COVID-19

"Untuk BST yang kami salurkan sebanyak 85,26 persen sudah kami realisasikan. Tinggal sebanyak 4.145 yang merupakan data ganda, belum datang mengambil, meninggal dunia dan belum kembali dari luar kota," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk data yang penerimanya telah meninggal dunia, pihaknya akan menyerahkan kembali dana tersebut kepada pemerintah.

baca juga: Semen Padang Normalisasi Intake Baringin, 120 Ha Sawah akan Dialiri Air

"Untuk yang meninggal dunia ini kan tidak bisa dilimpahkan, makanya kami serahkan kembali kepada pemerintah. Untuk data ganda juga kami berlakukan hal yang sama," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk penyaluran BLT dan BST tahap satu di Kota Padang akan berakhir pada Juni 2020 karena tahap dua akan dimulai kembali dengan data yang berbeda.

baca juga: Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Klaster Pasar Raya Padang Capai 80 Persen

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera