Pegawai Lapas Terbuka di Pasbar Positif Corona, 32 Petugas dan Tahanan Pernah Kontak

Jubir Satgas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat, dr Gina Alecia
Jubir Satgas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat, dr Gina Alecia (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terbuka Klas II B di Kabupaten Pasaman Barat -Sumbar, terkonfirmasi positif corona (COVID-19).

"Kami menerima informasi dari Dinkes Provinsi Sumbar, hasil swab salah seorang pegawai lapas terbuka di Pasbar yang berinisial W (21) terkonfirmasi positif Corona," sebut Jubir Satgas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasbar , dr Gina Alecia, Minggu (7/6/2020).

baca juga: Pemprov Sumbar Tanggung Biaya Swab Orang Keluar Masuk Sumbar, Ini Kategorinya!

Ia mengatakan, saat ini pegawai lapas tersebut masih melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Sementara pihaknya sekitar pukul 10.30 WIB tadi, sedang menuju rumah pasien untuk dibawa ke RSUD Jambak dan selanjutnya untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium lanjutan dan rontgen.

"Pemeriksaan ini untuk memastikan pasien memiliki gejala atau tidak. Jika tidak ada gejala maka akan dibawa ke Bapelkes Padang. Jika punya gejala akan dibawa dan dirawat di Rumah Sakit Unand Padang," katanya.

baca juga: DPRD Pasbar Pertanyakan Penyusutan Area TPA yang Tinggal 2 Hektare

Sebelumnya, pasien merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah diambil swab pada hari Jumat (5/6/2020) lalu bersama satu orang teman sekamarnya.

"Pasien W positif sedangkan hasil swab teman sekamarnya negatif," terang dr Gina.

baca juga: WHO Anjurkan Ibu Positif Covid-19 Tetap Menyusui Anak, Ini Alasannya

Lanjutnya, pasien W merupakan warga Kuranji Padang yang kontak dengan ibu dan neneknya pasien konfirmasi positif asal Padang beberapa waktu lalu.

"Pasien ini balik dari Kota Padang menggunakan sepeda motor dan sesampai di Pasaman Barat hanya kontak dengan petugas yang ada di Lapas Terbuka," jelasnya.

baca juga: Fakta Baru WHO: Wuhan Diduga Bukan Tempat Awal Penularan Covid-19

Sementara hasil tracing dari tim Satgas penanganan percepatan COVID-19 Pasbar , sekitar 32 orang petugas Lapas Terbuka dan tahanan pernah kontak dengan W. Sedangkan terhadap ke-32 orang itu telah dites swab pada Sabtu (6/6) kemaren.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera