78 Tenaga Kerja PT MSL di Pessel Dikarantina dan Uji Swab

78 orang tenaga kerja PT. MSL yang akan menjalani karantina di Lunang
78 orang tenaga kerja PT. MSL yang akan menjalani karantina di Lunang (Humas dan Protokoler Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Sebanyak 78 orang tenaga kerja PT. MSL yang berada di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat diminta menjalani karantina mandiri, setelah terpantau pulang dari Medan, Sumatera Utara, sejak Kamis 4 Juni 2020 lalu.

Camat Lunang, Lyonica Ventira mengatakan, pelaksanaan karantina sesuai dengan perintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kecamatan Lunang bersama Forkopimca setempat, sebagai salah satu antisipasi penyebaran COVID-19 di kecamatan.

baca juga: Sudah Satu Bulan Lebih Pessel Tanpa Kasus Baru COVID-19

"Langkah tersebut dilakukan, dalam rangka pencegahan dini penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat Kecamatan Lunang," ungkapnya dari rilis Humas dan Protokoler Pemkab Pessel .

Selain memerintahkan, karantina, pihak gugus tugas kecamatan bersama Forkopimca juga melaksanakan skrining dan tracking perjalanan tenaga kerja PT. MSL. Dari hasil kegiatan tersebut disimpulkan 5 orang harus dilakukan uji swab dan 73 dilakukan rapid tes.

baca juga: 5 Juli Warga Positif COVID-19 Sumbar Capai 775 orang, Jubir: 80,6 Persen Sudah Sembuh

Dari lima orang itu, akan dilakukan pengambilan sampel swabnya di RS. M Zein Painan. Karena dicurigai ada tanda tanda mengarah ke COVID-19.

"Yang rencananya dijadwalkan Selasa (9/5) depan," terangnya.

baca juga: Proses Verifikasi Faktual Pilkada di Pessel Berjalan Lancar

Ia menjelaskan, 78 tenaga kerja tersebut dibawa oleh pihak perusahaaan dari Medan untuk melakukan kegiatan pembangunan konstruksi pabrik. Karena terpantau sebagai orang melakukan perjalanan, sehingga dilakukakan karantina dan tes swab dengan biaya ditunggung perusahaan.

"Dan berharap masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu cemas. Karantina dan melakukan berbagai tes untuk memastikan kalau mereka benar-benar aman dari virus COVID-19," ujarnya.

baca juga: Pantai SUTA Kampung Pandan, Objek Wisata 90-an yang Kini Hadir Kembali

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera