Longgarkan Lockdown, Inggris Mulai Buka Tempat Wisata

landskap Kota London
landskap Kota London (net)

KLIKPOSITIF - Mulai melonggarkan kebijakan lockdown, Pemerintah Inggris memutuskan untuk membuka kembali rekreasi di luar ruangan seperti kebun binatang (bonbin), taman safari, dan bioskop drive-in pada 15 Juni mendatang.

Dilansir dari BBC langkah ini diumumkan oleh Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada pertemuan hari Rabu (10/6). Pembukaan bisnis atraksi luar ruangan ini akan dilengkapi dengan aturan jaga jarak sosial guna menekan risiko penularan virus corona.

baca juga: Karena Pandemi, Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Dilaksanakan Secara Daring

Johnson juga mengimbau agar pengunjung tetap berada di dalam mobil ketika menyambangi rekreasi di tempat terbuka. Sementara untuk pihak kebun binatang, belum diperbolehkan membuka kembali pameran dalam ruangan seperti rumah reptil. Pun harus memastikan kafe hanya melayani pembelian take away.

Beberapa kebun binatang di Inggris yang akan mulai dibuka kembali diantaranya kebun binatang Chester dan kebun binatang London. Keduanya, dilaporkan telah mengalami kesulitan dari sisi keuangan akibat terhantam pandemi .

baca juga: Terekam CCTV Bocah Diculik saat Main di Teras Rumah, Dimasukkan Karung

Sebelumnya, sejumlah anggota parlemen Inggris termasuk Stanley Johnson, telah menyerukan upaya pembukaan kembali kebun binatang guna menghindari semakin terpuruknya pihak kebun binatang.

Awal pekan ini, kebun binatang Chester yang telah ditutup sejak 21 Maret mengabarkan bahwa keberlangsungan mereka berada di ujung tanduk, meski pemerintah berjanji memberikan suntikan dana. Kebun binatang London juga menyebut tengah menghadapi "masa depan yang tidak pasti", jika tak segera diberi bantuan. Kebun binatang ini telah tutup sejak 20 Maret lalu.

baca juga: Temuan Baru, Covid-19 Bisa Menular dalam Waktu Kurang dari Satu Menit

"Ini adalah proses yang perlu, tetapi kami berharap pembukaan kembali taman safari dan kebun binatang akan memberikan lebih banyak opsi bagi keluarga untuk menghabiskan waktu doluar rumah sekaligus mendukung perawatan merawat hewan-hewan luar biasa ini," ujar seorang pejabat Downing Street.

PM juga mengumumkan bisnis seperti pub, restoran, dan penata rambut belum akan dibuka kembali setidaknya hingga 4 Juli mendatang.

baca juga: Ratusan Juta Pohon Ditemukan di Gurun Pasir Sahara

Editor: Ramadhani