KPK Fasilitasi Pencarian dan Penyerahan DPO Dugaan Korupsi Alkes RSUD Rasidin Padang

Saat Penyerahan Tersangka ISW di Polres Bogor
Saat Penyerahan Tersangka ISW di Polres Bogor (Ist)

KLIKPOSITIF -- Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan, KPK memfasilitasi penyerahan tersangka perkara dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan RSUD Rasidin Padang Tahun Anggaran 2013 dari Polres Bogor ke Polresta Padang. Diketahui, tersangka tersebut berinisial ISW, yang merupakan Direktur Utama PT. Tunas Bhakti Nusantara.

Ali Fikri menambahkan, KPK melalui Unit Koordinasi Supervisi Penindakan sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Penyidik Polresta Padang pada 14 Oktober 2019. Koordinasi tersebut menyepakati bahwa KPK akan memfasilitasi pencarian tersangka atas nama ISW yang telah masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 8 Oktober 2019.

baca juga: Menkes Sebut Hal Ini Sebagai Tantangan Terbesar Vaksinasi Covid-19

"Saat ini perkara telah masuk ke tahap persidangan di Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Padang dengan terdakwa dr Artati Suryani, dkk. Hingga persidangan berjalan, tersangka ISW belum juga ditemukan," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima KLIKPOSITIF , Kamis (11/6/2020).

Ali Fikri melanjutkan, kronologi penangkapan ISW, berawal pada Juni 2020, KPK memperoleh informasi bahwa tersangka beserta keluarga terlihat menempati sebuah rumah yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

baca juga: Ingat Jangan Sembarangan Unggah Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos, Ini Alasannya

"Atas informasi tersebut, selanjutnya KPK berkoordinasi dengan Tim Polres Bogor guna melakukan pengecekan terhadap kebenaran dari informasi yang diperoleh," ujarnya.

Kemudian, pada Kamis (11/6/2020), sekira pukul 06.30 WIB, Tim KPK dan Polres Bogor bergerak ke lokasi keberadaannya, lalu melakukan koordinasi dengan pihak RT setempat untuk bersama-sama menuju ke rumah yang diduga ditempati tersangka ISW. Selanjutnya, pada pukul 07.30 WIB, tim mengamankan tersangka ISW di sebuah rumah yang ditempati tersebut.

baca juga: Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Lakukan Hal Ini

"Tersangka ISW dibawa ke Mapolsek Cijeruk Bogor untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa Rapid Test COVID-19 di Puskesmas setempat. Setelah dilakukan Rapid Test oleh pihak Puskesmas Cigombong di Polsek Cijeruk dengan hasil Non Reaktif-NR, selanjutnya langsung diserahkan kepada Polresta Padang," tuturnya.

Editor: Muhammad Haikal