Hadapi Era New Normal, UNES-AAI Luncurkan Kelas Digital

Kampus UNES- AAI
Kampus UNES- AAI (Net)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Menghadapi era 'new normal' yang disebabkan pandemi Covid-19, Universitas Ekasakti-Akademi Akutansi Indonesia (UNES-AAI) Padang meluncurkan aplikasi mobile berbasis android untuk mendukung aktifitas perkuliah selama masa 'new normal' tetap berjalan lancar.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang yang menaungi UNES-AAI Henry Mappesona SE, M.Sc mengatakan,aplikasi mobile berbasis android yang disebut sebagai kelas digital itu akan diterapkan mulai tahun ajaran 2020/2021 dan aplikasi ini diluncurkan agar proses perkuliah berjalan sesuai dengan protokol era new normal .

baca juga: Beda Dari Biasa, Ini Rekomendasi Lomba HUT RI 17 Agustus di Masa Pandemi

"Melalui kelas digital ini, mahasiswa akan belajar jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi mobile berbasis android. Aplikasi ini digunakan, karena dampak Covid-19 membuat tatanan masyarakat dunia berubah. Perubahan ini bisa dikatakan ekstrem," kata Henry kepada KLIKPOSITIF .com, Jumat, 12 Juni 2020.

Aplikasi kelas digital ini, sebutnya, telah dibangun dua tahun lalu dan rencananya akan digunakan tahun ajaran 2021/2020 mendatang. Namun karena pandemi Covid-19, makanya aplikasi mobil berbasis android ini mulai digunakan tahun ini. "Kelas digital ini kami terapkan untuk seluruhprodi di fakultas yang ada di UNES-AAI," ujarnya.

baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Karantina dan Isolasi

Selain memanfaatkan aplikasi mobile berbasis android, Henry menuturkan bahwa pihaknya juga akan memanfaatkan konten youtube untuk mendukung aktifitas praktek mahasiswa melalui video tutorial. Namun begitu, kepastian untuk memanfaatkan konten youtube tersebut masih perlu dipertimbangkan.

"Kami masih menunggu kebijakan pemerintah di era new normal ini, karena kami harus mengikuti protokolnya, apakah boleh dilakukan praktek atau tidak. Kalau tidak boleh, maka kami akan memberikan kelas tutorial yang berkaitan dengan laboratorium melalui konten youtube yang dibuat oleh prodi masing-masing," bebernya.

Program KIP

Di sisi lain, Henry juga membeberkan sistim penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021, termasuk beasiswa yang disediakan UNES-AAI. Kata Henry, untuk tahun ini penerimaan mahasiswa baru dibuka secara online mulai Juni ini. "Calon mahasiswa tidak perlu ke kampus, cukup mengikuti alur pendafataran masuk UNES-AAI yang dibuka secara online," katanya.

baca juga: Ini Pesan Jokowi di Kongres Gerindra

Kemudian untuk beasiswa, kata Henry melanjutkan, UNES-AAI bekerjasama dengan Dikti juga menyediakan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program KIP ini, kata Henry, dulunya disebut sebagai bidik misi. "Jadi mulai tahun ini, bidik misi berubah nama jadi KIP," bebernya.

Selain KIP, tambahnya, juga ada beasiswa lainnya yang disediakan UNES-AAI. Di antaranya, beasiswa dari Yayasan Perguruan Tinggi Padang untuk mahasiswa berprestasi. Baik prestasi di bidang ekstrakurikuler maupun intrakurikuler. "Kemudian, juga ada beasiswa full dari yayasan untuk mahasiswa yatim piatu dan fakir miskin," pungkasnya.(*)

baca juga: Ada Penambahan 27 Positif COVID-19 di Sumbar per 8 Agustus

Editor: Riki Suardi