Pendakian Marapi Dibuka Kembali Untuk Umum

Gunung Marapi
Gunung Marapi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF - Pos Pendakian Koto Baru Kabupaten Tanah Datar mengkonfirmasi perihal dibukanya pendakian ke Gunung Marapi .

Petugas Pos Pendakian Aris mengatakan, jalur Koto Baru dibuka beberapa waktu lalu setelah sempat ditutup demi mencegah penyebaran COVID-19.

baca juga: Tengah Malam, Pendaki yang Jatuh di Cadas Marapi Dilarikan ke Rumah Sakit

"Sudah dibuka kembali sejak 6 Juni lalu, namun ada sejumlah persyaratan sesuai protokol kesehatan diterapkan kepada para pendaki," ucap Aris saat dikonfirmasi via aplikasi pesan instan, Jum'at 12 Juni 2020.

Persyaratan yang mesti dipenuhi pendaki, salah satunya pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, pendaki tak diizinkan menanjak.

baca juga: Pendaki yang Terjatuh di Marapi Alami Cedera Kepala, Tim Lakukan Evakuasi Malam Ini

"Saat melapor diwajibkan memakai masker, sebelum naik kita anjurkan mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir serta tetap menjaga jarak," ungkapnya.

Pendakian Marapi ditutup sejak awal Maret silam. Biasanya saat libur Marapi selalu dipadati pendaki yang berasal dari dalam Sumbar maupun Riau.

baca juga: Kondisi Terkini Pendaki yang Terjatuh di Marapi

"Untuk saat ini, belum banyak yang mendaki dan yang mendaki pun kebanyakan berasal dari dalam Sumatera Barat saja," pungkasnya.

Gunung Marapi berketinggian 2.891 meter diatas permukaan laut. Di kalangan pendaki, terutama pemula, Marapi menjadi favorit karena rute yang tak terlalu berat dan waktu tempuh yang tergolong singkat.

baca juga: Pendaki Dilaporkan Jatuh ke Kawah Gunung Marapi, Tim Penolong Sedang Menuju Puncak

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi