Pelaku Pembuang Bayi Dalam Kardus di Bukittinggi Ditangkap Polisi

Pelaku Dimintai Keterangan di Polsek Kota
Pelaku Dimintai Keterangan di Polsek Kota (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Pelaku pembuangan bayi di Kelurahan Pakan Labuah, Kecamatan Aua Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi tertangkap, Sabtu 13 Juni 2020.

Pelaku ditangkap setelah Kepolisian Sektor Kota Bukittinggi berhasil mengungkap kasus yang sangat menjadi perhatian publik itu. Pelaku diciduk di Kampung Cina saat mengendarai sepeda motor sekitar pukul 16.00 WIB.

baca juga: Hapal Al-Qur'an, Anak di Bukittinggi Dapat Umroh Gratis

Ironisnya, pelaku pembuangan itu adalah pria yang pura-pura menemukan bayi. Ia adalah Anto, berusia 20 tahun asal Kabupaten Agam dan berprofesi sebagai karyawan toko.

Bayi perempuan dengan berat 2,6 kilogram itu adalah hasil hubungan terlarang Anto dengan L (21), wanita asal Pasaman Barat yang juga merupakan karyawan di salah satu toko di kawasan Aur Kuning.

baca juga: Dua Calon Wawako Tak Bisa Mencoblos di Bukittinggi, Ini Alasannya

Informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF menyebutkan, L melahirkan ditemani Anto di salah satu klinik pada Sabtu 6 Juni 2020, sekitar pukul 23.45 WIB.

Paginya, L diperbolehkan pulang ke kosnya untuk memulihkan kondisi. Anto lantas membawa bayi tersebut dengan alasan akan dibawa pulang ke rumah orangtuanya.

baca juga: Gelar Grand Launching, Santika Hotel Bukittinggi Beberkan Berbagai Keunggulan yang Dimilikinya

Namun, karena merasa malu bayi itu hasil hubungan di luar nikah, Anto berpikir lain, dan merekayasa jika ia telah menemukan bayi di Penurunan Tambuo, selanjutnya ia menyerahkan bayi itu dalam kardus itu ke tokoh masyarakat.

"Setelah pelaku pria kita tangkap, kita kembangkan dan kemudian yang perempuan pun kita amankan di kosnya di Aur Kuning," sebut Kapolsek Kota Bukittinggi AKP Dedy Adriansyah Putra.

baca juga: Pemerintah Kota Bukittinggi Masih Izinkan Warga Gelar Resepsi Pernikahan

Kedua sejoli ini diketahui sudah berpacaran setahun silam, namun akibat pergaulan yang kebablasan malah menjurus ke hubungan terlarang.

"Informasi sementara, mereka berniat menyerahkan bayi itu ke orang lain karena malu, sebab punya anak di luar nikah. Kita masih selidiki lebih lanjut kasus ini," ungkap Kapolsek.

Pelaku saat ini masih berada di Polsek Bukittinggi , keduanya tampak sangat menyesali perbuatannya dan tak henti menangis.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi