Semua Mal di Jakarta Mulai Dibuka Besok

ilustrasi
ilustrasi (met)

KLIKPOSITIF - Semua mal di Jakarta akan mulai dibuka besok, Senin 15 Juni setelah sekian lama ditutup akibat pandemi corona . Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja (APPBI) DKI Jakarta , Ellen Hidayat mengatakan, para pengelola telah siap untuk membuka mal untuk masyarakat.

Menurutnya, persiapan itu sesuai dengan protokol kesehatan yang dibuat pemerintah. "Sebagian mal memang menyempurnakan peralatan dengan touchless (tanpa sentuhan). Tujuannya untuk meningkatkan terhindarnya bersentuhan dan juga agar pengunjung lebih yakin dan berani ke mal ," ujar Ellen dilansir dari Suara.com, Minggu (14/6/2020).

baca juga: Penelitian Terbaru Sebut ASI Tidak Terpengaruh Covid-19, Dapat Lindungi Bayi dari Infeksi?

Menurut dia, dalam pembukaan mal ini, tak semua layanan di mal bisa dinikmati oleh pengunjung. Hal ini untuk mencegah penyebaran covid-19. "Yang belum bisa buka di antaranya, cinema atau bioskop, fitness, mainan anak, massage, karaoke, perawatan tubuh dan wajah. Sedangkan, salon boleh buka hanya untuk sebatas potong rambut," ujar Ellen menjelaskan.

Ketua Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan, para pemilik toko di mal juga telah menyediakan peralatan untuk pegawainya, seperti pelindung wajah atau faceshield, masker hingga sarung tangan.

baca juga: Peneliti Jepang: Tes Swab Tidak Diperlukan Lagi, Ini Alasannya

"Kami juga lakukan pelatihan untuk karyawan, seperti SOP buka toko, tutup toko. Dengan penekanan kebersihan

SOP konsumen masuk. Sop kasir dan lain-lain," kata Budi.

baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Staf Khusus BPIP Dorong Elite Politik Bersikap Dewasa Tentang Isu Ini

Menurut Budi, secara umum toko-toko yang ada di mal telah siap untuk melayani warga DKI Jakarta yang ingin berkunjung ke mal .

Untuk diketahui, surat edaran dari Menkes dan dari Mendag serta terbitnya Pergub Nomor 51/2020 dan juga keputusan Gubernur Nomor 563/2020, di mana Pusat Belanja dijadwalkan mulai re-opening pada tanggal 15 Juni 2020.

baca juga: Kalangan Ini yang Akan Menjadi Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia

Editor: Ramadhani