Pasca PSBB, Pariwisata Sumbar Mulai Pemanasan

PALANTABO, Objek wisata baru di pinggir Danau Maninjau
PALANTABO, Objek wisata baru di pinggir Danau Maninjau (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sejak berakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan diberlakukannya Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid (TNBPAC), beberapa destinasi wisata di Sumatera Barat (Sumbar) mulai dibuka. Namun masih pemanasan.

Hampir tiga bulan di rumah tentu membuat bosan dan suntuk. Hal yang pertama terpikir tentu kemana akan liburan dan bagaimana prosedur berwisata saat TNBPAC.

baca juga: Patroli saat Libur Panjang, Polisi Pariaman akan Menyasar Lokasi Objek Wisata

"Untuk objek wisata yang bersifat kolam renang, tim dan dinas pariwisata sedang membahas bagaimana berwisata di kolam renang terbebas dari wabah korona. Kita berharap masyarakat yang berwisata selalu menerapkan protokol kesehatan. Insya Allah bagi masyarakat yang disiplin menjalankan protokol kesehatan akan selamat dari sebaran wabah virus corona," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Minggu 14 Juni 2020.

Irwan Prayitno juga mengajak masyarakat silahkan mulai menikmati pariwisata untuk relaksasi fikiran yang terkungkung selama PSBB, namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata Terbaik Dunia Pilihan Wisatawan

"Kepada kabupaten dan kota serta pengelola diharapkan komitmen dan konsistensinya menerapkan SOP/protokol sehingga penyebaran COVID-19 dapat diantisipasi." tegasnya.

Irwan mengajak para wisatawan berkunjung menikmati keindahan alam, kuliner, budaya dan aneka ragam bentuk hasil kerajinan.

baca juga: Perantau Pulanglah! Berhari Raya Di Kampung, Wisatawan Ayo ke Sumbar

"Ayo datang ke Sumbar menikmati indahnya destinasi wisata bebas covid. Para wisatawan sehat, penggelola wisata sehat, masyarakat produktif dan aman covid disiplin protokol kesehatan kunci utama,"serunya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial menyampaikan, ada beberapa objek wisata yang dibuka kembali seperti gudang Ransum dan taman wisata Kandih di Kota Sawahlunto, Istano Basa Pagaruyung, rumah makan Aroma dan hotel Emersia di Tanah Datar dan beberapa objek wisata di daerah lainnya.

baca juga: Viral Keramaian di Objek Wisata Mega Mendung, Dinas Parpora Tanah Datar Tinjau Penerapan Protokol COVID-19

"Dari pengamatan langsung kami, sudah mulia banyak pengunjung antar kota dan dalam sudah mulai berdatangan. Malah beberapa wisatawan ada yang dari provinsi tetangga seperti Riau dan Sumut juga sudah menikmati objek- objek, rumah makan dan menginap di hotel- hotel yang tersedia di Sumbar," terangnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir