Tahapan Pilkada 2020 Dimulai, KPU Sumbar Aktifkan Kembali PPS dan PPK

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani
Komisioner KPU Sumbar Izwaryani (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menindaklanjuti Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia nomor 5 Tahun 2020, KPU Sumatera Barat (Sumbar) memulai tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sumbar 2020 di era normal baru.

Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, tahapan tersebut sesuai jadwal dimulai hari ini dengan mengaktifkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

"Sebagian daerah ada PPS-nya yang mengundurkan diri, ada yang karena hamil takut beresiko, ada juga yang selama dinonaktifkan mendapat pekerjaan baru. Itu yang kita aktifkan," katanya kepada Klikpositif di Kantor KPU Sumbar, Senin (15/6/2020).

Izwaryani menjelaskan, terkait hal tersebut, pihaknya merekrut kembali anggota PPS dan PPK, dan hari ini sudah dilantik.

baca juga: Besok, DKPP Akan Sidangkan Dua Perkara Pemilu di Sumbar

"Setiap PPS dan PPK ada calon Pergantian Antar Waktu (PAW), kita dulu mewawancara 6 orang, nomor 1 hingga 3 diangkat dulu, sementara 4 hingga 6 calon PAW," ujarnya.

Izwaryani menambahkan, tahapan yang masuk dalam tahapan Pilkada, yang pertama verifikasi faktual, jadwalnya tanggal 24 Juni hingga 12 Juli 2020.

baca juga: Andre Rosiade Angkat Bicara Soal Hasil Quick Count

Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai 24 Juni hingga 15 Juli dilanjutkan dengan pemutakhiran data pemilih.

Dari teknis sendiri, setelah verifikasi faktual akan dilakukan dengan perbaikan dukungan calon perseorangan, setelah itu dilanjutkan dengan pendaftaran pasangan calon pada 4 hingga 6 September 2020.

baca juga: KPU Sumbar Kembali Ingatkan Soal Protokol Kesehatan Saat Pemilihan

Editor: Muhammad Haikal