Hasil Swab Negatif, 138 Santri dan Guru Kembali ke Ponpes Gontor Sesuai Jadwal

Santri Saat Menunggu Dilakukan Swab
Santri Saat Menunggu Dilakukan Swab (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hasil tes swab 138 Santri dan Guru yang akan kembali ke Pondok Pesantren Gontor 2, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur dinyatakan negatif.

Koordinator Keberangkatan Ustaz Hafizul Furqon mengatakan, hasil tes negatif tersebut disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar yang dikeluarkan oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada Minggu (14/6/2020) kemarin.

baca juga: Terus Melonjak, Angka Positif Corona di Indonesia Sudah 385.980 Kasus

"Alhamdulillah semua yang di swab hasilnya dinyatakan negatif COVID-19. Kami berangkat ke Ponpes dengan menggunakan bus sesuai jadwal," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Senin (15/6/2020).

Hafizul menambahkan, yang berangkat menggunakan bus sebanyak 115 orang, sementara sisanya berangkat menggunakan pesawat terbang. "Insyaallah besok malam kami sampai ke Ponpes, mohon doa untuk kami semua," ujarnya.

baca juga: Inggris Uji Coba Tes Air Liur Untuk Deteksi Virus COVID-19

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, sebanyak 138 orang yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor 2, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur , dilakukan pengambilan sampel swab. Hal tersebut merupakan persyaratan mutlak yang harus dilengkapi untuk bisa ke Pondok Pesantren tersebut.

Koordinator Hafizul Furqon mengatakan, dalam rencananya 138 orang tersebut akan berangkat secara rombongan pada Minggu (14/6/2020) sore nanti, dengan menggunakan bus.

baca juga: Rencana Vaksinasi COVID-19 pada Minggu kedua November Terancam Molor

Menurutnya, kapasitas bus saat ini 70 persen dari biasanya dengan jumlah 30 orang, dengan begitu pihaknya menggunakan 5 unit bus.

"Pengambilan swab dilakukan, agar nantinya dalam perjalanan aman, kemudian tidak ada masalah apapun, begitu juga dengan persyaratan lainnya sudah kita lengkapi," katanya di Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Kamis (11/6/2020).

baca juga: Kadis Kesehatan Pemko Pariaman Positif COVID-19

Hafizul menambahkan, jika ada yang terdapat positif COVID-19, keberangkatan yang bersangkutan kita tahan dulu, hingga dinyatakan sembuh.

"Hasilnya swab direncanakan akan keluar dalam dua atau tiga hari ke depan. Tes ini Alhamdulillah tidak dipungut biaya apapun," ujarnya.

Hafizul menjelaskan, 138 orang yang akan berangkat ke Pondok Pesantren Gontor tersebut, terdiri dari santri yang akan belajar, yang telah belajar, guru, calon guru, dan yang akan kuliah. "Nanti peserta swab akan diberikan surat bebas COVID-19," tuturnya.

Editor: Muhammad Haikal