Gubernur Klaim 95 Persen Masyarakat Sumbar Sudah Pakai Masker

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengklaim, 95 persen masyarakatnya sudah menggunakan masker .

Menurut Irwan hanya 5 persen yang masih membandel dan tidak memakai masker saat keluar rumah.

baca juga: Menperin Khawatir Virus Baru Akan Muncul dan Lebih Mematikan dari COVID-19

"Ini perlu dan mesti diingatkan terus agar menjalankan protokol Covid," ujarnya saat meninjau pasar tradisional Pasar Sungai Aur, Nagari Sungai Aur Pasaman Barat, Selasa (16/6).

Dia menyampaikan dalam tatanan normal baru produktif dan aman covid (TNB-PAC) ini mesti taat dan disiplin jalan protokol kesehatan sebagai upaya antisipasi penyebaran covid yang belum ada obatnya.

baca juga: Ikuti tes COVID-19, Ini Kata Satpam Telkom Indonesia Cabang Sumbar

"Dalam menjaga diri dari penyebaran virus corona, walaupun kita beraktifitas di tempat keramaian mesti mampu mengendalikan diri, pakai masker , jaga jarak dan cuci tangan sebelum kegiatan maupun setelah kegiatan," katanya.

Irwan mengatakan, kondisi saat ini ibarat mobil sudah lama tak jalan, butuh pemanasan dahulu, begitu juga kegiatan masyarakat selama dua setengah bulan terakhir vakum dan kini aktif kembali.

baca juga: Kisah Dosen Unand Negatif COVID-19 Meski Kontak Erat dengan Pasien Positif

"Alhamdullillah saat kegiatan perekonomian masyarakat mulai pelan-pelan bergerak. Kita menyadari vakum diam dirumah telah memberi dampak terhadap sektor pariwisata dan ikutannya, pasar rakyat. Sementara aktifitas sektor pertanian, peternakan, pekebunan masih berjalan baik," ujarnya.

Irwan juga menegaskan, pelaksanaan pengawasan orang masuk diperbatasan 9 pintu masih tetap awasi dengan rapid tes dan di BIM dilakukan swab gratis.

baca juga: Kuota PNS Terbatas, Irwan Prayitno: Tamatan Perguruan Tinggi Bentuk Usaha!

"Selagi masih ada pelarangan orang datang, tentunya pengawasan akan tetap ketat hati-hati karena kita ketahui berjangkitnya penyebaran virus corona lebih banyak bersumber dari orang datang," ujar.

Pada kunjungan ke Pasaman Barat, gubernur juga meninjau pelaksanaan protokol covid dimasjid raya Ujung Gading Kecamatan Lembah Malintang. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir