Empat Warga Pasbar Terjangkit DBD, Dinkes Segera Lakukan Fogging

Kantor Dinas Kesehatan Pasaman Barat
Kantor Dinas Kesehatan Pasaman Barat (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Empat warga Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) terjangkit Demam Berdarah Dengeu ( DBD ).

"Satu dari empat orang warga Ophir sudah sembuh, sedangkan tiga orang lainnya sedang dirawat di RS Ibnu Sina Simpang Empat," sebut Kadis Dinas Kesehatan Pasaman Barat , Jon Hardi kepada wartawan, Kamis (18/6/2020).

baca juga: Baguna PDIP Bantu Sembako Untuk Warga Korban Banjir di Kinali Pasbar

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan penyuluhan di tempat ditemukan jentik nyamuk dan akan melakukan gotong royong bersama dengan masyarakat untuk membersihkan lingkungan.

"Hari ini kita kembali melakukan penyelidikan dan penyuluhan di tempat jentik nyamuk ditemukan. Besok kita langsung melakukan gotong royong dan pada Sabtunya akan dilakukan fogging (pengasapan," katanya.

baca juga: Viral Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasbar, Polisi Periksa Sejumlah Pihak

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknya pada Senin (15/6) mendapatkan informasi dari RSUD Jambak Pasaman Barat , bahwa ada satu warga Ophir berjenis kelamin perempuan dengan usia 20 tahun sembuh dari DBD .

Lanjutnya, setelah mendapatkan informasi itu pihaknya pada Selasa (16/6), langsung melakukan penyelidikan Epidemiologi (PE) dan penyuluhan ke lokasi rumah warga terjangkit DBD .

baca juga: Video Pemukulan Siswa Berseragam SMP di Pasaman Barat Viral di Facebook

"Namun semalam kita kembali mendapat laporan, bahwa ada penambahan kasus DBD sekitar tiga orang dan langsung dirawat ke RS Ibnu Sina Simpang Empat," jelasnya.

Jon Hardi mengimbau, agar masyarakat selalu memperhatikan dan menjaga lingkungan, dengan cara membersihkan tempat-tempat yang dianggap tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

baca juga: Fraksi PDIP Minta Bupati Pasbar Fokus Bekerja, Bukan Fokus Kerja Gonta Ganti Pejabat

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Rezka Delpiera