Bupati Serahkan Bantuan Alat Tangkap Untuk 21 Kelompok Nelayan di Pessel

Kapal nelayan di kawasan muaro Pessel.
Kapal nelayan di kawasan muaro Pessel. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan alat tangkap ikan untuk 21 kelompok nelayan di Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan dari Dirjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI pada Selasa 13 September 2016 sekitar pukul 17.00 WIB.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, bantuan itu berupa 8 jenis barang yang berfungsi sebagai alat tangkap, mesin kapal dan navigasi. Bantuan alat tangkap tersebut untuk mendongkrak pendapatan nelayan di kawasan itu. "Dengan adanya bantuan dari Menteri Kelautan ini. Tangkapan ikan nelayan bisa lebih bertambah lagi," katanya kepada KLIKPOSITIF .

baca juga: Pasien Sembuh Corona di Pessel Tambah 7 Orang, 213 Orang Masih Positif

Menurutnya selama ini, hasil tangkapan nelayan di Pesisir Selatan melemah karena perlengkapan kurang mendukung. Maka dari itu, Hendrajoni mengaku berjanji akan mengusahakan selalu mengusahakan bantuan kepada pemerintah pusat. "Mungkin selama ini, ada keluhan bersama seperti, kurangnya peralatan canggih untuk menangkap ikan. Maka, kedepan kita akan mengupayakannya," sebut Hendrajoni kemudian.

Dia juga menjelaskan, soal peraturan dan perubahan regulasi kelautan dan keterlibatan nelayan . Ia meminta agar para nelayan di Pesisir Selatan ini tidak khawatir, karena pencabutan izin yang didasari dengan perubahan aturan itu diiringi dengan pengecualian di Sumatera Barat.

baca juga: Hari Terakhir Kampanye, Ribuan Massa Pendukung Rusma-Rudi Padati Pantai Muaro Bayang

"Yang penting kita tidak menggunakan pukat harimau dan sejenisnya yang bersifat merusak ekosistem laut itu. Sebab sesuai aturan-aturan yang ada saat ini, di Sumatera Barat ada pengecualian tentang pencabutan izin, dan nelayan bisa berlayar serta kapan perlu ditambah kuota pelayarannya," imbuhnya.

Bantuan yang diberikan kepada nelayan itu diantaranya 4 paket Gilnet 1000 meter, 6 paket Gilnet 1500 meter, Hand Line Demersal sebanyak 15 unit, mesin tempel Suzuki 15 PK sebanyak 35 unit, GPS sebanyak 14 unit, Fish Finder sebanyak 14 unit, Lacuba sebanyak 21 unit, Life Jacket sebanyak 35 unit.

baca juga: Bawaslu Hentikan Laporan Terkait Netralitas Oknum Wali Nagari dan PNS di Pessel

[Kiki Julnasri Priatama]

Penulis: Agusmanto