Segerombolan Buaya Terlihat di Sungai Kambang Barat Pessel

Suasana warga penasaran menyaksikan penampakan buaya di sungai Nagari Kambang Barat Pessel
Suasana warga penasaran menyaksikan penampakan buaya di sungai Nagari Kambang Barat Pessel (Haridman Kambang for Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Masyarakat di Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dihebohkan dengan adanya penampakan buaya muara berkeliaran di sungai setempat. Buaya yang bernama latin rocodylus porosus itu, ditemukan dengan jumlah banyak.

Wali Nagari Kambang Barat, Awaluddin menyebutkan, penampakan buaya itu kerap terpantau di sungai kawasan Kampung Pasar Gompong Kambang Barat. Diketahui, sejak sebelum masuk bulan puasa tahun ini.

baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus COVID-19, Forkopimca Harau Bagikan Ribuan Masker Gratis

"Benar, informasinya (keberadaan) sebelum puasa. Kalau kita melihat ada seekor, cuma dari warga yang sudah lama melihat ada tiga ekor, ada yang besar dan ada yang kecil," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Jumat 19 Juni 2020.

"Yang seekor sering terlihat itu anaknya, berukuran sekitar 2 sampai 3 meter. Alhamdulillah, masih belum ada yang menggangu," ujarnya Lanjutnya, sejauh itu terkait penampakan buaya tersebut, pihaknya sudah melapor ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Konservasi Wilayah Pessel .

baca juga: Safari Ramadan, Wabup Tampung Aspirasi Jemaah Masjid Istiqomah Nagari Simawang

"Dan Senin minggu lalu mereka sudah turun, tapi disarankan untuk tidak adanya yang menggangu, karena itu dikatakan ditempatnya,"ujar Awaluddin.

Namun kendati demikian, hingga berita ini diturunkan KLIKPOSITIF belum mendapat konfirmasi BKSDA Resor Pesisir Selatan, dan hingga kini keberadaan buaya tersebut kerap terlihat saat pasang surut.

baca juga: Fakir Miskin Rajin Ibadah di Masjid dan Musala, Baznas Padang Bakal Berikan Bantuan

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani