Buaya Sering Menampakkan Diri di Kambang Barat Pessel, Ini Kata BKSDA

Area penampakan buaya di kawasan sungai Nagari Kambang Barat-Peseel
Area penampakan buaya di kawasan sungai Nagari Kambang Barat-Peseel (Dok. BKSDA Resort Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BKSDA ) Resort Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menyebut, penampakan buaya di Kampung Pasar Gompong, Nagari Kambang Barat, Kecamatan Lengayang berada di habitatnya.

Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan , Bilmar menyimpulkan, kondisi itu terjadi sesuai dengan bentang alam sungai setempat. Berada di kawasan air payau, area penampakannya masih banyak ditemukan pohon nipah serta satwa liar lainnya, bahkan lokan.

baca juga: Masyarakat Penerima Banpres UMKM Serbu Kantor Kas BNI Painan Urus Hal Ini

"Ya kalau mengamati bentang alamnya seperti itu. Walaupun pihak nagari dan masyarakt sebagian besar mengatakan satwa tersebut baru kali ini muncul," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Jumat 19 Juni 2020.

Pihaknya mengaku, menerima laporan sejak Senin 8 Juni lalu. Berkoordinasi dengan pihak pemerintah setempat langsung melakukan verifikasi ke lokasi. Pertama kali diketahui, buaya itu sering berjemur di atas pasir tepi sungai.

baca juga: Waspada Zat Berbahaya, Pemkab Pessel Imbau Masyarakat Teliti Membeli Makanan

"Yang ditemukan, panjangnya ada sekitar 3 meter, dan informasinya juga sudah memangsa 2 ekor itik mlik masyarakat," ujarnya.

Lanjutnya, hingga kini pihaknya masih tetap melakukan pengawan dan meminta warga untuk tetap tenang. Selain itu, tidak menggangu keberadaannya.

baca juga: Pelajar dan Karyawan Bank di Pessel Sembuh dari COVID-19

"Kami meminta untuk mengurangi aktivitas dulu ke sungai terutama sore dan malam hari. Karena, kalau tidak terusik, mereka tidak akan menggangu," terangnya.

Untuk memastikan keberadaan buaya tersebut, jika dibutuhkan pihaknya akan segera melakukan evakuasi ke habibatnya lebih aman dan terjauh dari konflik karena saat ini keberadaannya dekat dengan permukiman warga.

baca juga: Tiga Hari Pencarian, Kasmanto Ditemukan Meninggal di Belakang Masjid

Sebelumnnya, Wali Nagari Kambang Barat, Awaluddin menyebutkan, penampakan buaya itu kerap terpantau di sungai kawasan Kampung Pasar Gompong Kambang Barat.

"Benar, informasinya (keberadaan) sebelum puasa. Kalau kita melihat ada seekor, cuma dari warga yang sudah lama melihat ada tiga ekor, ada yang besar dan ada yang kecil," ungkapnya.

Pihaknya juga sudah menyurati kepala kampung, ketua pemuda dan masyarakat setempat. Jika ada yang menyaksikan kemunculan buaya itu, setidaknya tidak mengganggu dan melakukan aktivitas yang membuat buaya itu terusik.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Rezka Delpiera