Menteri Agama Setujui MTQ Nasional di Sumbar 12 - 21 November 2020

Menag Fachrul Razi
Menag Fachrul Razi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Menteri Agama Fachrul Razi menyetujui pelaksanaan MTQ Nasional di Sumbar digelar 12 sampai dengan 21 November 2020.

Semula direncanakan pelaksanan pada 20-29 Agustus 2020, namun ditunda karena adanya wabah COVID-19.

baca juga: Terkait Program Peningkatan Kompetensi Penceramah Agama, Ini Komentar Mantan Menteri Agama

Pada 13 April gubernur Sumbar menyurati Menteri Agama agar MTQ Nasional bisa terlaksana November, sebab kasus COVID-19 di provinsi itu sudah landai.

Menjawab surat tersebut Kementerian Agama mengeluarkan Surat Menteri Agama RI Nomor B-175/MA/HM.00/06/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang Penetapan Tanggal Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 di Padang Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Pemprov Sumbar Masih Menunggu SK Pjs, Kabiro Organisasi: Idealnya Hari Ini Sudah Dilantik

Dalam surat tersebut, Menag memberi pemperpanjang masa tenggat waktu usia kepesertaan dari semula tanggal 1 Juli 2020 menjadi 1 November 2020 sesuai dengan ketentuan usun maksimal masing-masing cabang dan golongan.

Kemudian, bagi provinsi yang belum melaksanakan MTQ Tingkat Provinsi diharapkan dapat mengeluarkan kebijakan strategis agar dapat merekomendasikan dan mendaftarkan calon peserta dengan mempertimbangkan ketentuan masa pendaftaran peserta MTQ secara online.

baca juga: Menag Positif Covid-19, Kini Jalani Isolasi Mandiri

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menyampaikan persiapan MTQ Nasional telah dilakukan bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama, LPTQ dan lembaga terkait lainnya.

"Pelaksanaan MTQ Nasional ini telah diputuskan oleh gubernur. Kesiapan secara teknis juga telah kita rapatkan sebelumnya. Meski demikian, gubernur berharap persiapan lain yang tidak terganggu oleh COVID-19 dan bisa tetap dilaksanakan," katanya. (*)

baca juga: Heboh Soal Penceramah Bersertifikat, Wamenag:Kami Ingin Keluar dari Polemik Tersebut

Editor: Joni Abdul Kasir