KPU Sumbar Akan Mulai Tahapan Pilkada Besok

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSTIF - Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU)

KPU Sumatera Barat, Amnasmen mengatakan tahap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dimulai besok, Senin, 15 Juni 2020. Dalam tahapan itu, KPU akan berhati-hati dengan berkoordinasi dan mengkomunikasinya dengan pihak terkait.

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

"Jika dilaksanakan 9 Desember maka tahapan dimulai tanggak 15 Juni. Kita berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan satuan tugas (Satgas) COVID-19 untuk pelaksanaan Pilkada. Saat ini, kurva kasus positif di Sumbar terus naik sehingga kami di daerah memaknai itu sebagai keputusan yang harus melihat sungguh-sungguh dan prihatin dengan ini," katanya di Padang.

Ia mengatakan Pilkada kali ini bukan hanya masalah KPU dan Pilkada, namun juga masyarakat yang memilih dalam keadaan tidak mencemaskan kesehatan mereka. "Dalam dalam rapat dengan 270 daerah yang melaksanakan Pilkada, 9 desember pelaksanaan Pilkada, maka KPU Sumbar sebagai penyelenggara akan mengambil langkah organisasi dan langkah persiapan. Kami sedang konsolidasi kelembagaan, artinya pengunduran Pilkada dilaksanakan, maka organisasi BPPS yang dinonaktifkan perlu dilakukan pemutakhiran data," jelasnya.

baca juga: Besok, DKPP Akan Sidangkan Dua Perkara Pemilu di Sumbar

Menurutnya untuk melakukan persiapan pemutakhiran data, maka KPU Sumbar mengukuhkan PPS dan mengkoordinasikan dengan KPU kota/kabupaten, untuk menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan keselamatan dan kelengkapan protokol kesehatan.

"Ini bukan hanya persoalan masker atau hand sanitizer, namun bagaimana kepercayaan publik kepada kami dalam bekerja, maka kami melakukan verifikasi faktual, tidak hanya persoaln teknis tapi juga persoalan perlengkapan," jelasnya.

baca juga: Andre Rosiade Angkat Bicara Soal Hasil Quick Count

Pemerintah telah memastikan pelaksanaan Pilkada serentak tetap berjalan tahun ini. Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. (*)

Editor: Fitria Marlina