Tantangan KPU Laksanakan Pilkada di Tengah Bayangan COVID-19

Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU)  KPU Sumatera Barat, Amnasmen
Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) KPU Sumatera Barat, Amnasmen (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU)

KPU Sumatera Barat, Amnasmen mengatakan tantangan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 tidak hanya masalah akurat data dan teknis lainnya, namun juga masalah kesehatan masyarakat sebagai pemilih.

baca juga: Pelantikan Gubernur Sumbar Terpilih, Pj: Menunggu Keppres

"Masalah Pilkada hari ini tak hanya berbicara masalah APD dan protap kesehatan COVID-19, namun juga masalah masyarakat yang melakukan pemilihan ke TPS saat pelaksanaan," katanya di Padang.

Ia mengatakan selain masalah kesehatan, hal lain yakni bagaimana kepercayaan publik kepada pihaknya bekerja. "Ini juga masalah kepercayaan publik kepada kami bagaimana kami bekerja, maka kami melakukan verifikasi faktual, tidak hanya persoaln teknis tapi juga persoalan perlengkapan," jelasnya.

baca juga: Besok, DKPP Akan Sidangkan Dua Perkara Pemilu di Sumbar

KPU telah melakukan verifikasi 600 ribu KTP secara faktual. Dalam melakukan verifikasi, pihaknya juga secara bersamaan merekonstruksikan anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pilkada.

"Dan persoalan teknis juga dibicarakan, termasuk kelengkapan yang berhubungan untuk kebutuhan di lapangan dan anggaran lainnya yang dibutuhkan dalam bertugas," jelasnya.

baca juga: Andre Rosiade Angkat Bicara Soal Hasil Quick Count

Pemerintah telah memastikan pelaksanaan Pilkada serentak tetap berjalan tahun ini. Pilkada akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. (*)

Editor: Fitria Marlina