Server PPDB Error, Disdik Sumbar Minta Siswa Bersabar, Waktu Pendaftaran Sampai 25 Juni

Kadisdik Sumbar Adib Alfikri
Kadisdik Sumbar Adib Alfikri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sejumlah calon siswa sekolah menengah atas mengeluh karena tidak bisa mengakses website ppdbsumbar2020.id untuk mendaftar secara online di SMA/SMK.

Hal tersebut disampaikan oleh Dimas salah seorang calon siswa, dia mengaku sudah mulai mengakses website tersebut sejak kemarin namun belum bisa dibuka karena error.

baca juga: PPDB Sumbar Dibuka, Daftar Disini!

"Kemarin saya coba-coba buka tapi mungkin server PPDB itu down. Sekarang juga susah dibuka," ujarnya, Senin (22/6).

Hal senada juga disampaikan oleh Serli seorang calon siswa SMA, dia mengaku risau tidak dapat terdaftar di sekolah yang dia tuju karena sulitnya mengakses website PPDB yang sudah disediakan oleh dinas pendidikan tersebut.

baca juga: Hari Ini PPDB SMA/SMK di Sumbar Dibuka, Ini Jalurnya

"Takutnya kuota penuh, saya tidak bisa masuk ke sekolah negeri itu. Saya tanyakan teman-teman yang lain tadi, rupanya mereka juga tidak bisa ekses," kata dia.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Alfikri mengatakan, terjadinya error pada website PPDB tersebut kemungkinan karena banyak yang mengaksesnya dan ditambah lagi ini adalah hari pertama dimulainya pendaftaran secara online tersebut.

baca juga: PPDB SD Kota Padang Dimulai

"Wajar saja, ini kan hari pertama karena banyak yang akses. Tapi tim kami sudah bertindak dan melakukan perbaikan-perbaikan," terangnya.

Adib meminta agar para siswa bersabar dan terus mencoba membuka website tersebut. Adib juga mengaku akan mengambil kebijakan lainnya jika terjadi dalam jangka waktu yang lama.

baca juga: Ombudsman Sumbar Buka Posko Pengaduan PPDB Online 2021

"Kalau website nya bermasalah lama, kami mungkin akan ambil kebijakan lain agar tidak menggangu proses pendaftaran pada peserta didik," tutupnya.

Sebelumnya Kabid SMA Disdik Sumbar sekaligus Ketua Panitia PPDB SMA SMK Suryanto mengatakan, website PPDB online sudah dipersiapkan sebaik mungkin.

" Jika terjadi error langsung kita perbaiki dan rentan waktu pendaftaran sampai 25 Juni," katanya saat jumpa pers PPDB SMA SMK beberapa hari lalu.

KLIKPOSITIF mencoba mengakses website tersebut, hingga 14:40 WIB sore ini masih error.

(*)

Editor: Joni Abdul Kasir