Cerita Romi, Rekan Pemancing yang Kapalnya Terbalik di Perairan Padang

Keluarga dan Rekan Korban Pemancing di Markas Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumbar Muaro Padang
Keluarga dan Rekan Korban Pemancing di Markas Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumbar Muaro Padang (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kapal pengangkut pemancing dilaporkan terbalik di Kawasan Perairan Gosong Gadang, Kota Padang, Minggu (21/6/2020). Menurut Basarnas Kota Padang, kapal tersebut bermuatan 13 orang, 10 diantaranya sudah ditemukan dalam keadaan selamat, sementara 3 sisanya masih dalam pencarian.

Dari informasi yang dihimpun KLIKPOSITIF , kapal yang terbalik tersebut merupakan kapal bantuan yang datang ke Pulau Toran. Kemudian kedua kapal tersebut berangkat dalam waktu yang bersamaan ke Pelabuhan Muara Padang.

baca juga: Seekor Buaya Muncul di Pantai Batang Gasan Padang Pariaman, Polisi Amankan TKP

Salah seorang rekan pemancing di kapal lain tersebut, Romi (40) menceritakan, ia berangkat dengan rekan-rekannya pada Minggu pagi ke Pulau Toran, dikarenakan waktu sudah sore cuaca kurang bagus, salah seorang dari mereka meminta kapal bantuan untuk menjemput.

" Kapal penjemput duluan berangkat dari kapal yang kami tumpangi, berisikan 10 pemancing dan 3 kru kapal . Kemudian kapal yang kami tumpangi mengiringi dari belakang yang berisikan 5 pemancing dan 2 kru kapal ," katanya kepada KLIKPOSITIF , di Markas Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Sumbar, Senin (22/6/2020).

baca juga: Dua Anggota Teroris MIT Tewas Baku Tembak di Poso

Romi menambahkan, karena kapal penjemput tersebut lebih besar mesinnya tentu lebih kencang dari kapal yang kami tumpangi dengan mesin yang lebih kecil.

"Prediksi kami yang tertinggal ini, tentu kapal tersebut duluan sampai di pelabuhan, tapi setelah kami sampai pelabuhan baru dapat kabar, kapal penjemput belum sampai," ujarnya.

baca juga: Diseruduk Truk, Satu Penumpang Gran Max Meninggal Dunia di Pessel

Setelah itu, barulah ia mendapat informasi kapal penjemput tersebut terbalik . "Kami segera berkoordinasi dengan Basarnas serta rekan-rekan pemancing lain dan segera dibuat laporan ke Satuan Polairud.

"Alhamdulillah ada informasi dari Basarnas sudah ada yang ditemukan 6 orang dan ada 1 lagi yang terpisah dan ditemukan oleh nelayan. Kemudian ada lagi 3 orang yang ditemukan," ujarnya lagi.

baca juga: Pendaki Dilaporkan Jatuh ke Kawah Gunung Marapi, Tim Penolong Sedang Menuju Puncak

Romi menyebut, karena cuaca buruk disertai hujan petir, angin kencang dan gelombang tinggi kapal yang ia tumpangi terombang-ambing saat ke pelabuhan. "Berkat keyakinan, sampai juga ke tepi, cuma kapal yang satu lagi belum juga sampai," tuturnya.

Romi juga menyebut, para pemancing yang pergi ke Pulau Toran tergabung karena satu hobi saja. "Berangkat memancing tergantung suasana, kalau suasana memungkinkan berangkat, ada yang ke pulau, ada juga yang ke tengah laut," pungkasnya kemudian.

Editor: Muhammad Haikal