Sempat Tersesat, Tujuh Pendaki di Gunung Marapi Ditemukan Selamat

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF --Sebanyak 7 pendaki Gunung Marapi , dilaporkan tersesat saat akan turun dari gunung setinggi 2891 meter diatas permukaan laut itu. 5 diantaranya merupakan pemuda dari Kenagarian Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam -Sumbar.

Wali Nagari Bukik Batabuah Firdaus mengatakan, para pendaki ini naik sejak Sabtu pagi 20 Juni 2020 lewat Jalur Koto Baru dan seharusnya sudah turun sejak kemarin.

baca juga: Hari Ini 103 Warga Agam Sembuh dari Covid-19

"Pada Senin, mereka turun tapi rutenya via Badorai. Sorenya mereka mengirim SMS dan melaporkan kehilangan arah,"ungkap Firdaus, Selasa 23 Juni 2020.

Hari itu juga, dilakukan pencarian terhadap pemuda berusia 18-19 tahun itu. Namun tim pencari tak berhasil menemukan keberadaan dan hilang kontak dengan para pendaki .

baca juga: Mengadu ke Gubernur Sumbar Soal Ventilator, Dirut RSUD Lubuk Basung: Bulan Juli Ini Saja 30 Orang Meninggal

"Hari ini dilakukan pencarian ulang, Alhamdulillah, pukul 11.19 WIB tadi, tim sudah bertemu dengan mereka di daerah Rimbo Kalam, rute Badorai. Kondisinya aman,"ucap Wali Nagari.

Ia mengatakan, para pendaki ini sebenarnya sudah sering ke Marapi , namun turun via Koto Baru, tidak lewat Badorai.

baca juga: Bulog Bukittinggi Sediakan 344.540 Kilogram Beras untuk Disalurkan di Agam

"Kemungkinan mereka memilih rute Badorai untuk menyingkat waktu atau bagaimana, yang penting mereka sudah aman,"ungkapnya.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Eko Fajri