Edukasi Masyarakat, Tim Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Satpol PP Provinsi Sumbar Turun ke Payakumbuh

Tim Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Satpol PP Provinsi Sumbar saat turun ke Payakumbuh
Tim Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan dan Satpol PP Provinsi Sumbar saat turun ke Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Tim gabungan penegakkan disiplin protokol kesehatan Payakumbuh bersama Satpol PP Provinsi Sumbar turun ke beberapa titik keramaian di Payakumbuh , Selasa 23 Juni 2020.

Beberapa titik yang sering dikunjungi warga Payakumbuh tersebut adalah Lapangan Pacu Kuda Gelanggang Kubu Gadang, Jalan BWS Batang Agam, Pos Kota, Pasar di bawah Kanopi, dan beberapa titik lainnya.

baca juga: Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 98,3 Kg

Kasatpol PP Devitra bersama Danramil 01/Pyk Kapten Czi Jhony Forta dan Sekretaris Pol PP Provinsi Sumbar Imel Wati mengatakan giat penegakkan disiplin protokol kesehatan tersebut dimulai sejak sore. Kegiatan tersebut berlangsung hingga malam dan melibatkan berbagai personel seperti Kodim 0306/50 Kota, Satpol PP Kota Payakumbuh , dan Satpol PP Provinsi Sumbar.

Ia menjelaskan bahwa meskipun sudah memasuki era new normal , bukan berarti kehidupan sudah berlangsung seperti normal kembali. Namun harus mengikuti protokol kesehatan COVID-19 salah satunya dengan selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan, serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

baca juga: Pemko Payakumbuh tak Batasi Jumlah Penerima BPUM Tahap II

"Kami berharap agar warga Payakumbuh dan sekitarnya dapat menjalankan dan disiplin dalam hal protokol kesehatan ini. Sebab ini merupakan salah satu langkah ikhtiar kita bersama agar terhindar dari paparan virus corona," katanya.

Untuk yang melanggar dijelaskan Devitra, akan ada sanksi dan edukasi yang diberikan petugas kepada pelanggar. Salah satunya yang telah dilakukannya adalah dengan membuat pelanggar membacakan surat pernyataan bahwa dirinya telah melanggar protokol kesehatan COVID-19. Kedepannya pihaknya akan memberikan sanksi lebih tegas ke pelanggar.

baca juga: Transfer Dana Pusat Berkurang, Kota Payakumbuh Harus Lakukan Efisiensi Pada APBD 2021

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Rezka Delpiera