Pencarian 3 Korban Hilang di Kawasan Perairan Padang Dihentikan

Konferensi Pers Tim Gabungan Pencarian 3 Korban yang Hilang di Kawasan Pulau Pisang Gadang
Konferensi Pers Tim Gabungan Pencarian 3 Korban yang Hilang di Kawasan Pulau Pisang Gadang (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kantor SAR Padang memutuskan penghentian sementara untuk pencarian 3 korban hilang akibat kapal pengangkut pemancing terbalik di Kawasan Pulau Pisang Gadang, Minggu (21/6/2020) lalu. Diketahui Tim Gabungan telah melakukan pencarian korban selama 7 hari berturut-turut.

Kepala Kantor SAR Padang Asnedi mengatakan, walaupun pencarian korban dihentikan sementara, namun pihaknya tetap melalukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama dengan nelayan sekitar.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

"Hari ini sesuai rencana dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk melakukan penghentian sementara ini," katanya di Markas Satrol Lantamal II Padang, Sabtu (27/6/2020).

Asnedi menambahkan, hingga sore ini, Tim Gabungan masih melakukan pencarian di lapangan. "Namun sampai sore ini kami belum mendapat informasi, belum ada tanda-tanda ditemukan," ujarnya.

baca juga: Adik Kakak Tenggelam Setelah Terseret Ombak Sejak Kemarin di Pessel, Ini Kata BPBD

"Rasanya kami sudah melaksanakan pencarian semaksimal mungkin, baik itu berkenaan dari pergerakan Alat Utama (Alut) dari kita kerahkan 7 unit Alut sejak hari pertama. Dari Basarnas hari ini 3 Alut, Satrol TNI AL 2 Alut, dan Polairud 2 Alut dan dibantu juga klub pemancing," sambungnya.

Asnedi melanjutkan, pihaknya terus berharap untuk masih menemukan 3 korban yang hilang tersebut, dalam keadaan apapun.

baca juga: Seekor Buaya Muncul di Pantai Batang Gasan Padang Pariaman, Polisi Amankan TKP

"Penyisiran yang sudah kita lakukan semua di pantai Padang sampai ke Painan, Pesisir Selatan, termasuk pulau-pulau," ujarnya.

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, kapal pengangkut pemancing tersebut terbalik saat menuju Pelabuhan Muara Padang, Minggu (21/6/2020) lalu. Kapal tersebut mengangkut 13 orang yang terdiri dari 10 pemancing dan tiga kru kapal .

baca juga: Dua Anggota Teroris MIT Tewas Baku Tembak di Poso

Untuk 10 korban telah berhasil ditemukan dengan selamat bernama Fikram Mukalik, Taufik Hidayat, Triandika Ananda, Sorono, Efendi Mursalim, Surawan, Alfajri, Suranto, Koda Riadi, Yunaidi Yusi. Sementara tiga korban yang masih dicari bernama Ihsan, Ridwan dan Ari.

Editor: Muhammad Haikal