Dinkes Padang Klaim Kasus DBD 2020 Turun Dibanding Tahun Lalu

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Dinas Kesehatan Kota Padang mengklaim kasus Demam Berdarah hingga Juni 2020 menurun dibanding tahun lalu.

Tarcatat, sebanyak 189 kasus telah terdata sejak Januari hingga Juni 2020. Angka tersebut jauh berkurang dibanding tahun lalu yang mencapai angka 430 kasus.

baca juga: Ambulance dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke RS

"Kalau dibanding tahun lalu, jumlah kasusnya jauh menurun. Tahun ini yang jelas lebih sedikit dibanding tahun lalu," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Padang , Gentina.

Meski begitu dia mengatakan, untuk kasus demam berdarah di Kota Padang pada tahun ini data yang ia peroleh masih belum ada kepastian. "Karena pengaruh Covid-19, orang mungkit takut ke Rumah Sakit dan kalau demam mereka mungkin mengobatinya sendiri. Jadi data ini masih belum kita analisa betul," katanya.

baca juga: Apakah Masuk Angin Termasuk Penyakit atau Kondisi Medis? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Menurutnya, jumlah kasus DBD yang menurun hingga pertengahan tahun 2020 ini juga karena pihaknya yang lebih fokus kepada penanganan Covid-19.

"Mudah-mudahan penurunan angka kasus DBD ini memang karena kesadaran masyarakat sudah meningkat untuk melakukan 3M plus yang kita anjurkan selama ini," lanjutnya.

baca juga: Mengapa Varian Baru Virus Corona Dinamakan Omicron? Ini Penjelasannya

Menurutnya, dari jumlah 189 tersebut tidak ada korban jiwa akibat DBD . "Sampai saat ini belum ada yang meninggal dunia, mudah-mudahan sampai akhir tahun tidak ada yang meninggal dunia karena DBD ini," sambungnya.

Ia mengimbau masyarakat Kota Padang tetap melakukan pola kebersihan dengan tidak membiarkan adanya genangan air. Menguras bak mandi dan lain sebagainya.

baca juga: Ini Ketentuan Biaya RT-PCR yang Hasilnya Selesai Lebih Cepat

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani