Akibat Pandemi Covid-19, Ratusan Ribu Warga Kota Padang Jatuh Miskin

ilustrasi
ilustrasi (net)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Ratusan ribu masyarakat Kota Padang menjadi miskin akibat pandemi Covid-19 yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang mencatat, penambahan jumlah penduduk miskin di Kota Padang sebanyak 144 ribu orang.

Kepala Dinsos Kota Padang , Arfiadi mengatakan, penambahan sebanyak 144 ribu penduduk miskin di Kota Padang terjadi sejak 3 bulan terakhir.

baca juga: Anggota DPR Minta Masyarakat Sumbar Tidak Takut Divaksin

"144 ribu penduduk tersebut juga merupakan data yang dihimpun oleh Dinsos Kota Padang yang keseluruhan mereka merasakan dampak dari pandemi ini," katanya.

Menurutnya, penambahan jumlah penduduk miskin di Kota Padang juga disebabkan oleh banyaknya aktivitas pekerjaan yang dipindahkan ke rumah serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berdampak pada dunia usaha.

baca juga: Ini Tanggapan Anggota DPR Terkait Dugaan Mark Up Dana COVID-19 di Sumbar

"Kebanyakan jumlah angka penduduk miskin mayoritas karena usaha mereka terhenti sejak penerapan PSBB. Sehingga aktifitas usaha tidak berjalan baik dan penduduk menjadi miskin," lanjutnya.

Sebelum pandemi, menurutnya jumlah penduduk miskin di Kota Padang tercatat sebanyak 240 ribu jiwa. Dengan adanya penambahan tersebut, ia mencatat sekitar 384 orang dinyatakan miskin.

baca juga: Meski Ditekan Pandemi, Apple Masih Kuasai Pasar Smart Watch

Menurutnya, dengan telah dan sedang diberlakukannya pola hidup baru (PHB), sudah sedikit melonggarkan aktivitas masyarakat termasuk dunia usaha bisa kembali meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Padang .

"Tapi walaupun penerapan PHB sedang dilakukan, protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19," tutupnya.

baca juga: Pemuda yang Terseret Gelombang di Pessel Berhasil Ditemukan, Satu Lainnya Masih dalam Pencarian

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani