PSSI: Klub-klub Luar Pulau Jawa Setuju Liga 1 2020 Terpusat di Yogyakarta

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Ketua Umum PSSI , Mochamad Iriawan mengaku pihaknya memiliki rencana saat kompetisi Liga 1 2020 restart Oktober nanti, klub-klub luar Pulau Jawa akan bertanding dengan terpusat di Yogyakarta. Iriawan pun mengklaim jika beberapa tim sudah setuju dengan rencana tersebut.

Saat ini, PSSI sedang menjalin komunikasi dengan beberapa pihak agar rencana ini bisa terwujud. Ya, seperti hotel-hotel di Yogyakarta yang nantinya akan menampung para pemain beserta ofisial klub-klub dari luar Jawa tersebut.

baca juga: Nadiem Mengaku Jadi Menteri Membuat Frustasi

"Itu rencananya memang ke sana (Yogyakarta). Beberapa klub (luar Pulau Jawa) sudah setuju," ungkap Iriawan saat ditemui di Kantor PSSI .

"Tapi akan kita komunikasikan karena berkaitan dengan transportasi, seperti dari Papua sekarang masih minim. Mudah-mudahan 2-3 bulan penerbangan sudah menggeliat kembali," sambung mantan Kapolda Metro Jaya itu.

baca juga: Fadli Zon Nilai Perlu Terobosan Selesaikan Konflik Palestina -- Israel

"Ya, mungkin nanti di Yogyakarta. Saat ini kami juga sedang berkomunikasi dengan beberapa pemilik hotel di sana yang bersedia membantu kelancaran kompetisi," celotehnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan rencana ini hanya untuk Liga 1. Sebab, sebagian besar kontestan kasta teratas kompetisi di Indonesia itu berasal dari Jawa.

baca juga: WHO: Masih Ada Harapan untuk Mengendalikan Wabah COVID-19

Ini tentu memudahkan dalam hal transportasi karena nantinya bisa menggunakan jalur darat. Sementara Liga 2 akan ada format berbeda yang dimainkan.

"Liga 2 nanti sistem grup. Kalau Liga 1 mungkin karena banyak yang di Jawa jadi transportasinya cukup pakai jalan darat. Kaya Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Semarang. Jadi cukup efisien," pungkasnya.

baca juga: KPK Cium Modus Dana Anggaran Penanganan COVID-19 Dipakai Buat Pilkada

Meski telah memastikan Liga 1 berlangsung Oktober, PSSI belum mengumumkan kepastian waktu kick off. Termasuk regulasi pasti yang akan dipakai juga belum diumumkan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

Editor: Eko Fajri