Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 Klaster Pasar Raya Padang Capai 80 Persen

Tes swab di Pasar Raya Padang
Tes swab di Pasar Raya Padang (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Angka kesembuhan COVID-19 di klaster Pasar Raya Padang diklaim mencapai 80 persen hingga Senin 29 Juni 2020. Angka tersebut seiring dengan menurunnya jumlah kasus di klaster terbesar di Kota Padang itu.

"Saat ini untuk angka kesembuhan mencapai 80 persen dari jumlah 248 orang yang diketahui positif setelah dilakukan tes swab massal," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang , Andre Algamar.

baca juga: Update COVID-19 di Bukittinggi, 811 Sampel Negatif

Menurutnya, setelah dilakukan tes swab massal terhadap 2600 lebih sampel pedagang dan masyarakat yang beraktifitas di Pasar Raya Padang , tercatat sebanyak 248 orang positif.

"Untuk tes swab telah kami lakukan sejak sebulan yang lalu dan dari jumlah yang diswab, sekarang tinggal sekitar 30 orang lagi yang masih dirawat," lanjutnya.

baca juga: Beredar Info Anggota DPRD Sumbar Positif COVID-19, Supardi: Alhamdulillah Masih Sehat

Ia mengatakan, jika nantinya ada yang kembali positif dengan jumlah yang banyak lagi, maka ia akan kembali melakukan tes swab massal.

"Kalau misalnya ada satu yang positif, maka kami akan melakukan tracking. Tapi kalau banyak, nanti akan dilakukan swab massal lagi," lanjutnya.

baca juga: Uji Klinis Vaksin Covid-19 Indonesia Gunakan Metode Farmakologi, Apa Itu?

Ia mengimbau pedagang dan pengunjung Pasar Raya Padang untuk melaksanakan protokoler COVID-19 agar penyebaran di klaster Pasar Raya Padang bisa diputus.

"Kami imbau seluruh yang berkegiatan di Pasar Raya Padang agar menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar penyebaran ini cepat diputus sehingga kegiatan bisa kembali normal," imbaunya.

baca juga: Kasus Kembali Bermunculan, Zona Hijau COVID-19 di Sumbar Tinggal Empat Daerah

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Rezka Delpiera