Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Segera Cairkan Dana Bansos dan Kesehatan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Net)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan kepala daerah untuk segera menggelontorkan anggaran yang berkaitan dengan kesehatan .

Hal ini dikatakan Jokowi saat memberikan arahan untuk penanganan Covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Tengah melalui video conference, Selasa (30/6/2020).

baca juga: Sekolah Tak Jadi Dibuka, Siswa SMA/SMK di Sumbar Belajar Virtual Mulai Senin Sore

"Saya titip kepada gubernur, bupati dan wali kota, agar anggaran-anggaran yang berkaitan dengan kesehatan ini segera dikeluarkan. Karena ini menyangkut peradaran uang di masyarakat," ujar Jokowi.

Kemudian ia juga meminta agar anggaran belanja untuk bantuan sosial ( Bansos ) disegerakan. Hal tersebut penting untuk memenuhi kebutuhan warga yang terkena dampak Covid-19.

baca juga: Sekolah Mulai 13 Juli 2020, Pemkab Solok Terapkan Pembelajaran Daring dan Luring

"Terkait belanja bansos juga disegerakan. Ini penting agar sosial safety net bagi warga kita terpenuhi terutama yang memang terkena dampak dari Covid," ucap dia.

Selanjutnya terkait stimulus ekonomi terutama bagi usaha mikro kecil. Jokowi juga meminta gubernur, bupati dan wali kota untuk menyiapkan anggaran tersebut.

baca juga: Angka Positif COVID-19 Sumbar Capai 791, Jubir: 661 Diantaranya Dinyatakan Sembuh

"Ini betul-betul provinsi kabupaten dan kota harus melihat lapangannya. Anggaran untuk ini juga disiapkan. Pemerintah pusat juga menyiapkan, provinsi disiapkan, kabupaten menyiapkan, kota menyiapkan. Ini berlapis agar tidak ada yang tercecer," ujar dia.

Lebih lanjut, Jokowi memerintahkan anggaran tersebut segera dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sehingga, peredaran uang di masyarakat akan semakin besar.

baca juga: Studi Ungkap Teh Hijau Bisa Tekan Dampak Aterosklerosis

Tiga hal ini segera keluarkan dari APBD kita agar peredaran uang di masyarakat semakin besar," katanya menambahkan.

Editor: Eko Fajri